050411 Telkom Tawarkan Solusi Smart Building

 

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengusung solusi  Smart Building sebagai bagian dari upaya memperkuat bisnis Telecommunication, Information, Media, and Edutainment (TIME) sekaligus emberikan nilai tambah bagi pemilik bangunan tinggi.

 

“Green Building yang akan menjadi tuntutan bagi setiap developer atau owner building terhadap bangunan yang akan didirikannya dalam upaya memanjakan dan memberikan kepuasan kepada tenant atau penghuninya,” jelas  Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, Arief Yahya  di Jakarta, Senin (4/4).

 

Menurutnya, Green Building  memiliki keunggulan dalam hal penghematan pemakaian resource dan energi, tidak akan memberikan dampak buruk pada lingkungan, dan menyediakan kenyamanan dan kesehatan lingkungan bangunan.

 

Green Building,  dapat diwujudkan melalui teknologi Smart Building, yaitu suatu teknologi pada aspek elektronik gedung yang memanfaatkan ICT (Information and Communication Technology) untuk mengotomatisasi operasional Gedung, mendefinisikan rule dan task pada pemakaian energy building agar tercapai penghematan konsumsi energi.  “Kunci pencapaian implementasi Green Building adalah efisiensi pada pembangunan dan pengoperasion gedung,” tegasnya.

 

Teknologi Smart Building dapat melakukan penghematan pada fase konstruksi dan fase operasi gedung. Hal ini dimungkinkan karena Smart Building berjalan pada satu platform network yang terintegrasi untuk pengontrolan gedung yaitu platform jaringan TCP/IP. Telkom Smart Building Solution dengan jaringan TCP/IP berbasis fiber optic yang terintegrasi dapat memberikan solusi paling efektif dan efisien untuk mewujudkan Green Building.

 

Secara terpisah, Country Manager, Software Group, IBM Indonesia Nina K Wirahadikusumah mengungkapkan, investasi fasilitas properti dan biaya operasinya dapat mencapai 30 persen dari pengeluaran tahunan korporat, dimana 50  persen dari biaya kepemilikan sebuah fasilitas ditimbulkan  oleh biaya pengoperasiannya yang berkelanjutan.

 

“IBM telah menjalin kerja sama dengan ribuan perusahaan di seluruh dunia untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan efiiensi perlengkapan di gedung-gedung kantor di seluruh dunia  dengan menggunakan piranti lunak Smarter Buildings IBM, yang meliputi analitik, otomatisasi  dan IBM Maximo Asset Management,” jelasnya.
Diungkapkannya, untuk memperkuat posisi perseroan dalam bisnis ini baru saja diakuisisi  perusahaan swasta di Las Vegas, Amerika Serikat yang bermain di solusi piranti lunak,, TRIRIGA, Inc. “Akuisisi ini bertujuan untuk mempercepat inisiatif Smarter Buildings dari IBM sehingga dapat meningkatkan performa perusahaan real estat dan  pengelolaan proyek besar,” katanya.[dni]

1 Komentar

  1. smart building artinya bangunan termonitor dan terekam kegiatannya oleh agen luar.. tidak disangkal lagi telkomsel punya billing system amdocs yg dipergunakan secara tak langsung oleh agen israell untuk spytools untuk intelijen mereka, amdocs dimiliki secara tak langsung oleh israel dan dana yg kita beli produk telkomsel secara tak langsung membayar amdocs dan akan mendukung israel membunuh rakyat palestin


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s