040411 AP II Akuisisi APS

JAKARTA–PT Angkasa Pura II mengambilalih secara penuh kepemilikan PT Angkasa Pura Schiphol (APS) dari pengelola bandara udara asal Belanda, Schiphol international.

“Sebelumnya APS dimiliki secara bersama oleh AP II dan Schiphol Internasional. Seiring strategi perseroan yang ingin mengembangkan bisnis non-aeronautika, maka kami menguasai secara penuh APS,” ungkap Direktur Utama AP II Tri S Sunoko di Jakarta, Minggu (3/4).

Diungkapkannya, pekan lalu manajemen AP II  telah ke Belanda untuk merealisasikan aksi korporasi itu. “Pihak.  Schiphol telah menyetujuinya, sehingga sekarang tinggal mengurusi masalah legalnya saja,”jelasnya.

Dijelaskannya, proses legal telah diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM. Diharapkan dalam waktu dekat ini, perusahaan tersebut akan murni kembali menjadi milik AP II.

Schiphol menguasai 50 persen saham di APS.Perusahaan asal Belanda ini masuk ke APS dengan keinginan untukmelakukan transfer teknologi kepada bandara yang dikelola Angkasa Pura II. Saat ini, BUMN tersebut telah melakukan banyak transfer teknologi dan menginginkan untuk mengelola sendiri.

“APS selama ini mengurus bisnis non aeronautika seperti periklanan,parkir, teknologi informasi, dan sebagainya. Tahun ini bisnis non aeronautika akan ditingkatkan,” katanya.

Dijelaskannya, biaya untuk mengambilalih saham dari Schiphol sebesar 481 ribu dollar AS atau setara  4,1 miliar rupiah  serta kewajiban utang sebesar 458 ribu dollar AS, sehingga AP II tinggal membayar kurang dari  10 miliar rupiah  untuk menasionalisasi anak usahanya tersebut. Saat ini aset APS sekitar 50 miliar rupiah.

Dikatakannya,  setelah diambilalih, AP II tetap akan menamakannya sebagai PT APS namun kepanjangannya kemungkinan berbeda dengan nama awal.”Bila dulu namanya PT Angkasa Pura Schiphol, mungkin akan menjadi Angkasa Pura Services atau bisa lainnya. Kami sudah ajukan tiga pilihan nama ke KemenkumHam,” katanya.

Selanjutnya dikatakan,  langkah. setelah pengambilalihan sukses, akan disiapkan aksi untuk secara resmi memisahkan APS  dari AP II atau spin off. Langkah spin off ini ditargetkan selesai pada pertengahan 2011 ini.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s