310311 XL Tambah Lini Produk Uang Digital

 

JAKARTA—PT XL Axiata Tbk (XL) menambah lini produk uang digitalnya guna memperkuat layanan di luar jasa suara dan SMS.

“Setelah ada layanan transfer instan yang memungkinkan pelanggan  menerima kiriman dana dari luar negeri melalui bank yang ditunjuk, sekarang kami menawarkan XL tunai  yang memungkinkan pelanggan dapat bertransaksi tanpa uang kartal,” jelas Business Development Corporate Strategy & Business Development XL Axiata, Doni Yuliardi di Jakarta, Rabu (30/3).

XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL. Sistem ini akan meningkatkan keamanan transaksi pelanggan, yaitu adanya nomor PIN untuk otorisasi transaksi, jika ponsel  hilang uang tetap dapat digunakan lagi dengan aman.

Untuk menjamin keamanan pelanggan atas nilai uang yang ada pada server XL, maka dalam melakukan pengisian data pribadi saat registrasi, pelanggan harus memasukkan data valid sesuai KTP atau kartu identitas yang berlaku. Dengan demikian, apabila ponsel hilang atau rekening akan ditutup, pelanggan akan dapat menarik kembali uang yang dimilikinya.

Diungkapkannya, perseroan membidik  3.000 mitra merchant untuk menggarap layanan transaksi yang dikenal dengan istilah  e-money  itu hingga akhir   tahun ini.

Dijelaskannya, untuk mengaktifkan XL Tunai, pelanggan cukup mengetik *123*120# lalu tekan YES, maka pelanggan akan memilih batas maksimum rekening (akun) dengan nilai satu  juta maupun 5 juta rupiah. Transaksi yang tersedia meliputi pembayaran untuk belanja, tagihan, pembayaran di toko-toko, pembelian tiket, maupun voucher/token.

Senior VP Corporate Strategy, Business and Facility Management XL Axiata, Ongki Kurniawan menuturkan, layanan XL Tunai memiliki perbedaan dengan e-money yang diluncurkan kompetitor. “XL hanya akan mengenakan tarif untuk layanan yang melakukan pentarifan kepada pelanggan, seperti tagihan instansi penyedia layanan umum,” ujar Ongky.

Dijelaskannya, untuk tahap awal uji coba XL Tunai akan dilakukan di Jogjakarta, dan menyusul kota-kota besar di Pulau Jawa. “Mitra merchant yang akan dibidik akan sangat luas, seperti perusahaan layanan umum seperti pembayaran tagihan listrik PLN, pembelian tiket kereta api, pembayaran jasa jalan tol, dan pembayaran tagihan kredit mikro (micro payment),” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya,  pelanggan perorangan, komunitas yang diharapkan menjadi pengguna utama XL Tunai meliputi penggemar games, penggemar olahraga tertentu, fans artis,  pengguna aktif e-commerce, hingga komunitas tenaga pemasar berjenjang (multilevel mark
(multilevel marketing).

“Kami baru  meluncurkan layanan e-money karena baru mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada akhir 2010. Sedangkan sisi  teknis dan pola bisnis XL Tunai sudah  sejak jauh hari. Dengan perolehan izin dan persiapan yang sudah matang, diharapkan layanan XL Tunai menjadi favorit pelanggan XL untuk melakukan transaksi,” ujarnya.[dni]

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s