300311 Regulator Tidak Khawatir Tiket Promosi Dihapus

JAKARTA–Regulator penerbangan tidak khawatir dengan aksi maskapai penerbangan yang  mulai
menghapus tiket promosi guna mengakali melambungnya harga avtur.

“Tidak ada masalah jika tarif promosi dihapus oleh operator asalkan tarif batas atas tidak dilanggar,” tegas Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti S. Gumay di Jakarta seusai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (29/3).

Menurutnya, jika maskapai menghilangkan tarif promosi di era liberalisasi maka resiko adalah kehilangan pangsa pasar yang selama ini dinikmati. “Ini pasar bebas, selalu ada yang lebih murah menawarkan produknya. Tinggal masyarakat menentukan pilihannya,” jelasnya.

Ditegaskannya, hingga sekarang harga avtur belum melebihi 10 ribu rupiah sehingga tidak ada alasan bagi regulator untuk merevisi aturan tarif batas atas. “Jika belum melebihi batasan yang disepakati kenapa tarif diubah. Hingga sekarang juga belum ada surat resmi dari asosiasi penerbangan nasional (Inaca) untuk revisi tarif batas atas,” tegasnya.

Berkaitan dengan aksi maskapai yang menerapkan biaya tambahan bahan bakar (fuel surcharge) untuk penerbangan internasional, menurut Herry, hal itu tidak melanggar aturan. “Mereka cukup menginformasikan saja ke regulator soal ada kenaikan fuel surcharge,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekjen Inaca Tengku Burhanuddin mengatakan, akan mengirim surat ke Kemenhub terkait fluktuatifnya harga avtur. Dua opsi disiapkan oleh asosiasi yakni revisi tarif batas atas atau implementasi fuel surcharge.
Sementara itu, Manajer Humas Batavia, Eddy Haryanto mengungkapkan,   karena
terus meningkatnya harga avtur membuat pihaknya mengambil kebijakan tidak lagi mengeluarkan tiket promosi atau termurahnya.

“Biasanya tiket murah itu untuk kerja sama dengan instansi tertentu, saat ini dihentikan dulu mengeluarkan dengan harga paling
murah, karena harga BBM sudah sangat tinggi,” kata Eddy.

Dijelaskannya, jika untuk penerbangan domestik terpaksa
mengurangi tiket promosi, maka   untuk penerbangan internasional  pihaknya memberlakukan kenaikan fuel surcharge.

Salah satu penerbangan ke luar negeri Batavia adalah penerbangan Jakarta-Jeddah (Arab Saudi) dengan  fuel surcharge sebesar 70 dollar AS.

PLH Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Arif Wibowo mengatakan, saat ini pihaknya telah menghapus penjualan tiket-tiket sub classes (kelas dengan harga terbawah) karena beban operasi yang semakin berat. “Kami mengurangi penjualan tiket sub classes, karena secara operasional sudah tidak efisien
lagi,” kata Arif

Diungkapkannya, saat ini rata-rata Garuda telah menaikkan
tarif  dengan mengangkat harga subclasses sekitar 5 persen hingga 10 persen. Hal ini karena kenaikan harga BBM dunia telah melebihi 100 dollar AS per barrel sehingga mengangkat kontribusi BBM terhadap  biaya operasi hingga melebihi 30 persen.

“ Untuk tarif  internasional
juga fuel surchargenya telah dinaikkan. Jika harga BBM stabil di bawah 100 dollar AS per barrel,  kontribusi BBM terhadap biaya operasi pesawat-pesawat Garuda hanya sekitar 20 persen saja,” jelasnya.

Juru bicara Sriwijaya Air, Agus Soedjono mengatakan, untuk  menyiasati menurunnya daya beli masyarakat, pihaknya memilih rute-rute  tertentu untuk dikurangi tarif promosinya.

“Biaya memang terus meningkat, namun untuk menaikkan harga tiket juga  sulit karena daya beli masyarakat. Kita tidak ingin memberatkan.  Karenanya ada rute
tertentu saja yang tarif promosinya dikurangi,”  jelasnya tanpa memberitahu rute mana yang
rute promosinya dikurangi.

Beda halnya dengan Indonesia AirAsia (IAA), maskapai
tersebut belum  menaikkan lagi harga dasar tiket sejak awal Maret lalu. “Sampai saat  ini belum ada kenaikan harga tiket,” jelas Manager Komunikasi IAA Audrey Progastama.

Menurutnya, tarif promosi tetap ditawarkan kepada masyarakat
untuk  beberapa rute yang ditentukan. Sebagai contohnya Jakarta-Singapura  yang saat ini frekuensi penerbangannya telah ditambah.

Sebelumnya, IAA telah menaikkan harga dasar tiket untuk
penerbangan  internasional yaitu kenaikan sebesar  30 ribu rupiah untuk penerbangan satu  jam dan 70 ribu rupiah  untuk penerbangan dua jam.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s