240311 Ponsel Lokal Butuh Dukungan Operator

JAKARTA—Penyedia merek ponsel lokal membutuhkan dukungan operator berupa model bisnis yang sehat agar bisa berkembang di pasar.

“Jika hanya model bisnis berupa bundling ponsel dengan kartu perdana operator, itu sudah tidak seksi lagi. Soalnya kartu perdana yang dijual oleh operator tanpa ponsel pun sudha memberikan penawaran yang sangat menarik berupa bonus data, suara, dan SMS,” ungkap General Manager SPC Mobile Raymond Tedjokusumo di Jakarta, Rabu (23/3).

Dijelaskannya, selama ini kerjasama yang terjadi antara merek ponsel lokal dengan operator terkesan berat sebelah dimana sebatas dalam kartu perdana dibundel dengan ponsel. “Kami untuk masuk ke pasar masih bekerja sendiri baik promosi atau penjualan. Kalau begini lebih baik produk dijual secara mandiri saja,” katanya.

Diungkapkannya, produk terbaru milik SPC Mobile adalah S  tiga ponsel Qwerty TV yakni Jazz One, Jive Whisper, dan Spin One. Ketiga ponsel dibanderol seharga 399 ribu, 449 ribu, dan 629 ribu rupiah.

Selanjutnya dikatakan, agar ponsel lokal mampu bersaing di pasar sudah saatnya pengembang aplikasi untuk memikirkan hadirnya  fasilitas instant messenger (IM) yang terbuka untuk semua jenis ponsel lokal ala BlackBerry Messenger, ketimbang masing-masing  produsen  menyediakan aplikasi IM khusus untuk ke sesama mereknya.

“Pengguna ponsel lokal itu paling banyak dari segmen C dan D dimana beragam merek yang dipegang. Tidak ada gunanya memaksakan satu IM. Sayangnya, walau ada satu IM buatan pengembang lokal tetapi belum menarik di mata operator karena pentarifannya tidak seksi,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, aplikasi  IM  bagi seluruh pengguna ponsel, termasuk ponsel lokal, adalah milik InTouch Innovate Indonesia yakni IM-ku.  Kapasitas server IM-ku  diklaim bisa menampung sekitar 50 juta pelanggan.  IM-ku yang diluncurkan pada tahun lalu  menargetkan meraih 6 juta pengguna. Sayangnya, layanan ini hingga sekarang masih kalah pamor dengan IM milik asing.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s