220311 Telkomsel Ingin Kuasai 60% Pasar Musik Digital

JAKARTA—Penguasa pasar seluler Telkomsel menargetkan mampu menguasai 56-60 persen pangsa pasar musik digital legal pada tahun ini.

”Total bisnis industri musik digital nasional dari produk legal mencapai dua hingga 2,5  triliun rupiah. Jika dihitung dengan illegal mencapai sekitar 4,5 triliun rupiah. Kami menargetkan pada tahun ini pendapatan dari musik digital legal sekitar 1,2 hingga 1,4 triliun rupiah atau menguasai sekitar 56-60 persen dari omzet pasar,” ungkap VP Digital Music & Content Management Telkomsel, Krish Pribadi di Jakarta, Senin (21/3).

Dijelaskannya, jika target tersebut tercapai maka bisnis musik digital perseroan mengalami pertumbuhan sekitar 118 hingga  154 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya meraup omzet  550 miliar rupiah.

“Peningkatan pendapatan dari musik digital didorong tingginya animo permintaan aktivasi pelanggan Telkomsel yang meningkat berkali-kali lipat,” katanya.

Diungkapkannya,  pendapatan layanan musik digital terbesar Telkomsel adalah ring back tone (RBT) yang pada tahun 2011 diperkirakan mencapai 800 miliar rupiah  atau naik 60 persen dibandingkan 2010 sekitar 500 miliar rupiah.

Sedangkan pendapatan dari layanan unduh musik secara penuh (full track song) diperkirakan mencapai tiga hingga empat  miliar rupiah pada 2011 atau naik 50-100 persen dari 2010  yang hanya 2 miliar rupiah.

Dijelaskannya, Layanan full track song  dapat diunduh dari portal  Langit Musik Telkomsel yang merupakan toko musik digital. Portal  ini telah diakses  12 juta pelanggan dari total pelanggan Telkomsel saat ini sekitar 97 juta nomor. Sementara jumlah pelanggan yang mengaktifkan layanan RBT diperkirakan akan menembus 20 juta pelanggan dari sebelumnya hanya 9 juta.

Pada layanan Langit Musik, pelanggan dimungkinkan dapat mengunduh musik baik dalam bentuk nada sambung pribadi (NSP), full song, mini song, dan video clip. Saat ini Telkomsel bekerjsama dengan sekitar 100 mitra label rekaman, content provider, digital store provider, dan platform provider yang menyediakan 72.000 NSP, 15.000 lagu, 3.000 mini song, dan 1.000 videoclip.

”Untuk  untuk mengembangkan layanan musik digital,  Telkomsel mengalokasikan dana sebesar 40 miliar-45 miliar rupiah. Pada 2010, dari sekitar 42 triliun rupiah  total pendapatan perseroan, sebesar 5-5,5 persen di antaranya disumbang dari layanan musik digital,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s