170311 Garuda Lego 7 Pesawat

Jakarta—PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA)  berencana menjual tujuh unit pesawat Boeing 737-400 tahun ini  dengan harga pasar yang ada saat ini.

Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan mengatakan, sesuai dengan rencana korporasi untuk terus meningkatkan jumlah pesawat mudanya, Garuda akan menghilangkan seluruh pesawat Boeing 737 seriesnya secara bertahap

Untuk jenis Boeing 737 series, Garuda saat ini memiliki 22 unit yaitu tujuh Boeing 737-400, 10 unit Boeing 737-300 dan lima unit Boeing 737-500.  “Tahun ini yang akan dijual adalah Boeing 737-400 lebih dulu. Lainnya menyusul dan tahun 2014 diharapkan seluruh armada kita sudah baru,” kata Elisa di Jakarta, Rabu (16/3).

Menurutnya, Garuda saat ini sedang mengundang perusahaan apraisal atau penilai harga pesawat. Mereka akan ditender kemudian Garuda akan menunjuk  broker penjualan pesawat. Broker ini yang akan mencari calon pembeli pesawat.

Belajar dari penjualan pesawat tahun lalu yang bisa dibilang gagal, tahun ini Garuda akan menjualnya dengan nilai pasar. “Dulu penilaian harga yang ditetapkan diatas penawaran para calon pembeli sehingga yang laku cuma dua unit,” jelas Elisa.

Tahun ini, strategi penjualan akan diubah, yaitu dengan harga yang berlaku di pasa saat ini, sehingga harganya cukup bersaing.

Mengenai harga pesawat yang ada saat ini, jelasnya, pada November lalu merupakan harga yang cukup tinggi. Namun saat ini setelah adanya isu golobal seperti perang di Libya, tsunami Jepang dan kenaikan harga BBM bisa berpengaruh dengan harga pesawat. Apalagi pesawat tua.

“Dengan naiknya harga BBM, tentu berpengaruh, karena konsumsi BBM pesawat tuanya akan besar, sehingga kurang laku. Akibatnya harganya akan turun,” tandasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s