150311 Pasar Modem Tumbuh 60%

JAKARTA—International Data Corporation (IDC) Indonesia memperkirakan pertumbuhan pasar modem pada tahun ini hanya sebesar 60 persen atau terjual 9,6 juta unit.

Angka itu melambat dibandingkan pada tahun lalu dimana pertumbuhan penjualan mencapai 650 persen dari 800 ribu unit pada 2009 menjadi 6 juta unit pada 2010.

”Pada tahun lalu tingginya pertumbuhan modem dongle didorong oleh turunnya harga komputer portabel, masuknya netbook serta turunnya harga paket data operator melalui bundling modem,” ungkap Senior Market Analyst IDC Indonesia Rizki Muhammad Ridwan di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, pada tahun ini penjualan modem melambat karena tingginya penetrasi smartphone dan komputer tablet. ”Trennya orang mengakses internet melalui dua perangkat itu,” jelasnya.

GM Marketing & Channel Management IM2 Nanan D. Machdi mengakui, masyarakat di perkotaan sekarang mulai keranjingan mengakses internet sehingga operator makin fokus menawarkan produk sesuai kebutuhan.

”Kami menghadrikan  lanjutan produk Broom dengan nama Broom100 karena produk pertama disambut positif,” jelasnya.

Broom100 adalah layanan internet berkecepatan tinggi melalui jaringan 3.5G dengan metode berlangganan prabayar yang terjangkau. Dengan isi ulang 100 ribu, pelanggan dapat berinternet sepuasnya dengan threshold sebesar 2 GB.

“Broom100 menawarkan threshold yang semakin besar. Penambahan threshold ini akan meningkatkan kenyamanan dan keleluasaan bagi para pelanggan Broom,” ujarnya.

Dengan batas threshold sebesar 2 GB artinya pelanggan dapat menikmati akses internet cepat hingga 384 Kbps saat pemakaian mencapai 2GB. Setelah 2GB, pelanggan akan tetap dapat berselancar di internet namun dengan kecepatan yang disesuaikan hingga 64 Kbps.

Hanya dengan mengisi ulang 100 ribu rupiah  per bulan, pelanggan dapat terhubung dengan puas tanpa batasan (unlimited) melalui internet. Broom100 akan aktif selama satu bulan dengan masa tenggang selama 90 hari. Selama masa tenggang, akun Broom100 masih aktif namun tidak dapat digunakan.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s