140311 Mandala Kemungkinan Beroperasi Mei

JAKARTA–Maskapai swasta yang selamat dari pailit, Mandala Airlines, kemungkinan bisa beroperasi pada Mei nanti setelah finalisasi proses masuknya investor baru ke maskapai itu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Singayuda Gumay mengungkapkan, pihak manajemen Mandala telah melayangkan surat kepadanya akan terbang pada Mei mendatang. “Mereka menyatakan akan kembali terbang pada Mei nanti,” katanya di Jakarta akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, sebelum terbang Maskapai itu harus memberikan rencana bisnis termasuk para investornya.Laporan terakhir yang diberikan Mandala adalah mengenai kesepakatan dengan para krediturnya, terkait dengan konversi utang menjadi saham.

Tetapi rencana Mandala tersebut tergantung dari evaluasi pemerintah yang dilakukan oleh direktorat jenderal perhubungan udara kemenhub. Mandala  harus menyerahkan rencana bisnis dalam lima tahun ke depan. Rencana bisnis itu antara lain memuat armada yang digunakan, rute dilayani, serta perkiraan keuntungan. “Jika rencana bisnisnya bisa diterima dan realistis,  bisa beroperasi. Masalah izin rute itu mudah, bukan sesuatu
yang sulit,” tuturnya.

Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengakui, manajemen Mandala  telah menyatakan secara lisan agar terminal 3 Bandara Soekarno Hatta untuk tidak diserahkan kepada pihak lain dahulu. “Menurut manajemennya  Mandala masih bisa terbang pada Mei atau Juni, jadi kami tidak akan memberikan kepada maskapai lain dahulu,” jelasnya.

Diungkapkannya, permintaan beberapa maskapai untuk menggantikan Mandala mengisi terminal tersebut masih belum direspon. “Saya masih yakin Mandala masih bisa terbang, jadi kita memberikan kesempatan kepada maskapai itu,” katanya.

Pengurus Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo), Herna P Danuningrat mengharapkan jika  Mandala telah terbang, tiket-tiket yang dulu sempat terbeli dan belum bisa digunakan masih
bisa diganti oleh Mandala.

sedangkan  Presiden Direktur Mandala, Diono Nurjadin mengungkapkan,    finalisasi proses dengan para investor akan selesai sebelum akhir Maret ini. “Kami bisa pastikan tanggal mulai operasi setelah proses dengan investornya sudah final. Jadi, mohon bersabar dulu,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s