100311 XL Tawarkan Perpustakaan Digital

JAKARTA—PT XL Axiata menawarkan perpustakaan digital melalui  layanan data Digital Reading XL yang diharapkan semakin memperkokoh posisi perseroan sebagai salah satu pemain produk seluler berkualitas di masyarakat.

Direktur Marketing XL Axiata Nicanor V Santiago mengatakan, digital reading XL Baca  merupakan jawaban  atas kebutuhan masyarakat dalam mengakses materi publikasi secara mudah dan murah.

“Kita dapat menyaksikan betapa kebiasaan masyarakat dalam membaca pelan namun pasti telah bergeser, dari data berformat tercetak menjadi ke materi digital. Memang, mobilitas masyarakat yang semakin tinggi dan ketersediaan teknologi digital memungkinkan cara yang lebih mudah dalam mengakses data, termasuk ketika dalam kondisi mobile,” katanya di Jakarta, Rabu (9/3).

Dijelaskannya,  aplikasi ini  akan bisa diakses melalui berbagai model handset, baik tablet maupun ponsel data. Pada tahap awal, XL Baca  tersedia dalam paket bundling Huawei S7 yang belum lama berselang diluncurkan untuk pertama kali di Indonesia. Selanjutnya, pada April 2011 nanti XL Baca  juga akan tersedia dalam format yang bisa diakses di berbagai model smartphone.

Adapun  konten dipasok oleh beberapa penerbit buku terkenal seperti  Mizan Digital Publishing (buku), MRA Printed Media (majalah), Tempo (majalah dan surat kabar), The Jakarta Post (suratkabar), dan Tiga Serangkai (buku). Mulai April 2011 nanti, total akan tersedia 25 majalah, 2 suratkabar, dan sedikitnya 900 judul buku.

Menurutnya, tarif yang dikenakan untuk bisa menikmati perpustakaan digital dari XL ini tergolong murah. Untuk mengunduh (pay per download) konten, pelanggan akan mendapatkan tarif 20-40 persen  lebih murah dari harga format cetak.

Untuk konten buku, apabila “menyewa” bulanan, pelanggan akan mendapatkan tarif yang lebih murah lagi, bisa menghemat hingga 75-85 persen  dari harga edisi cetak atau sekitar 2.500 – 17.000 rupiah saja. Sementara itu, untuk konten majalah dan suratkabar, pelanggan akan mendapatkan potongan  10-20 persen  lagi dari tarif “pay per download” apabila berlangganan 1 dan 3 bulan.

”Saat ini pelanggan data XL telah mencapai 27 juta, yang didukung oleh jaringan yang berkualitas dengan BTS sebanyak 22.191 (2G/3G) di seluruh Indonesia. Adanya layanan baru ini diharapkan semakin meningkatkan penggunanya,” harapnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s