100311 Telkom Perkenalkan @Radio

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)  memperkenalkan teknologi @Radio yang diharapkan menjadi  jawaban komunitas penyiaran radio  untuk menghadapi perkembangan global dalam industri radio siaran.

“Teknologi @Radio akan merevolusi dunia penyiaran radio di Indonesia penyiar radio semakin mudah menjadi “great public speaker” yang bebas menentukan gaya siaran,” jelas Direktur IT & Supply Telkom Indra Utoyo di Jakarta, (9/3).

Dijelaskannya, inovasi @Radio yang berbasis internet akan memacu efisiensi di operasional penyiaran, memunculkan sumber pendapatan lain, dan mendorong industri konten kreatif untuk maju. ”Teknologi ini berbasis internet protocol sehingga radio tidak lagi memiliki keterbatasan daya pancar dan bisa diakses melalui banyak perangkat,” katanya.

Dipaparkanya, terdapat tujuh fitur utama dalam @Radio. Pertama,  Dynamics live streaming yang mendukung operasi penyiaran radio dimana seluruh “stakeholder radio” yang terlibat  secara terintegrasi dapat bekerja dinamis via website radio.

Kedua, Contextual podcast streaming, fitur ini memudahkan para pendengar untuk memilih hasil produksi seni siaran yang tersedia. Hasil produksi itu bisa dilihat dan didengar secara on demand.

Ketiga,  Stay tune social marketing, fitur ini memudahkan berbagai pihak melakukan promosi hasil produksi seni siaran radio kepada teman-teman dan relasinya dengan cara mengunggah atau mempublish di Facebook, Twitter dan lain-lain. Dan untuk selanjutnya suaranya atau hasil siarannya bisa didengarkan secara langsung pada halaman Facebook teman-teman dan relasi kita.

Keempat, Multi request integration, fitur ini memudahkan proses interaksi dengan pendengar tanpa repot-repot harus membuka satu persatu masing-masing aplikasi spt Facebook, Twitter, web maupun sms. Karena multi request integration terangkum hanya dalam satu halaman web secara praktis.

Kelima, Listening everywhere broadcasting anywhere,  fitur ini memungkinkan setiap orang bisa mendengarkan radio tidak harus menggunakan radio. Siaran radio dapat diakses dengan HP, iPad, iPphone, Galaxi Tab, dan lain-lain.

Keenam, Radio business innovations, fitur ini memungkinkan pendengar bisa mengakses konten premium, juga bisa menyusun play list content audio untuk mendengarkan kapan saja. Hal ini menjadi konsep baru penyiaran, “one to one broadcasting”.

Ketujuh, Radio on applications market, fitur ini menjadikan aplikasi radio dapat di down load melalui market aplikasi yang dimulai dari Android market selanjutnya ke market aplikasi popular lainnya seperti Apple store hingga market SmartTV.

“Fitur-fitur tersebut akan terus dikembangkan melalui integrasi fitur berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Sehingga tidak lama lagi @Radio memiliki kemampuan “Voice Control & Respond”  atau disebut Radio 3.0,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s