080311 StarOne Raih Sertifikat OMH

JAKARTA–Layanan Fixed Wireless Access (FWA) berbasis teknologi  Code Division Multiple Access (CDMA) milik PT Indosat Tbk,  StarOne, berhasil meraih sertifikasi OMH Certificate of Acceptance  yang dikeluarkan oleh CDMA Development Group (CDG) belum lama ini.

”Diraihnya sertifikat OMH ini memiliki arti besar bagi pengembangan layanan StarOne. Kendala keterbatasan perangkat bisa mulai diatasi,” ungkap  Group Head Segment Management  Indosat Insan Prakarsa di Jakarta, akhir pekan lalu..

OMH adalah sebuah standar teknologi RUIM Card yang mengatur konfigurasi jaringan serta data pengguna dari memori internal ponsel ke RUIM card, sehingga pengguna dapat menggunakan semua tipe ponsel berbasis CDMA tanpa harus melakukan pengaturan awal pada ponsel. RUIM Card pelanggan yang sudah berbasis OMH dapat dengan mudah digunakan pada ponsel-ponsel CDMA kelas menengah  atas tanpa harus sulit lagi melakukan pengaturan parameter – parameter seperti Internet, SMS, MMS, EVDO, dan lain-lain.

Sedangkan CDG adalah suatu konsorsium internasional perusahaan-perusahaan yang bekerja sama untuk memimpin pertumbuhan dan evolusi maju sistem telekomunikasi nirkabel berbasis teknologi CDMA. OMH dikembangkan  sejak tiga  tahun lalu dan diluncurkan pertama kali Agustus 2010.

Indonesia menjadi negara kedua setelah India yang menggunakan teknologi simcard OMH. Pada tahun lalu, empat operator yakni  Bakrie Telecom, Telkom Flexi, Smart Telecom Smart dan Mobile-8 menyatakan siap mendukung OMH.
Insan menjelaskan, adanya sertifikasi ini menjadikan penjualan ponsel CDMA tidak perlu bergantung pada  sistem bundling sehingga  sifatnya lebih open market.

”Pelanggan  diuntungkan dengan semakin banyaknya pilihan ponsel CDMA di pasaran. Selain itu bisa semakin mudah memanfaatkan teknologi CDMA seoptimal mungkin baik untuk data maupun suara,” jelasnya.

Diharapkannya,  diraihnya OMH Certificate of Acceptance  bagi RUIM Card StarOne tersebut, dapat mendukung industri ponsel CDMA lebih maju ke tingkat smarthphone seperti halnya pada GSM yang memiliki banyak platform teknologi seperti Symbian, Windows Mobile dan Android.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s