010311 Telkom Segera Komersialkan IPTV

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) segera mengomersialkan layanan TV berbasis internet protocol (IPTV) pada bulan Mei nanti di wilayah Jakarta guna menghadirkan jasa triple play (Internet, TV, dan Telepon) bagi pelanggannya.

“Kami saat ini sedang melakukan uji coba eksternal kepada 100 pelanggan terpilih di area Jakarta. Sesuai jadwal, pada Mei nanti IPTV akan dikomersialkan ke pelanggan di Jakarta,” ungkap Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah di Jakarta, Senin (28/2).

Diungkapkannya, untuk menggelar layanan tayangan televisi interaktif beresolusi tinggi (High Definition/HDTV) itu perseroan menggelontorkan dana sebesar 50 miliar rupiah untuk membeli perangkat pendukung seperti Set top box dan lainnya. “Untuk penggantian kabel tembaga ke serat optik dilakukan oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti),” jelasnya.

Untuk diketahui, Telkom memiliki kabel tembaga melayani 9 juta pelanggan telepon kabel.Proyek pergantian seluruh kabel diperkirakan mencapai 3,5 triliun rupiah dan butuh waktu 10 tahun.

Dikatakannya, saat ini jaringan milik 300 ribu pelanggan di Jakarta telah siap dihantarkan oleh data sebesar 10 Mbps sesuai standar layanan IPTV ketika Mei nanti dikomersialkan. Sedangkan hingga akhir tahun ini diperkirakan ada satun juta jaringan di Jakarta yang siap menghantarkan data sebsesar 6 Mbps. “Di Jakarta ada tiga juta pelanggan jaringan tembaganya diganti dengan serat optik. Itu membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Di Jakarta PT Inti dibantu oleh LEN,” jelasnya.

Diharapkannya, selain memberikan sesuatu yang baru bagi pelanggan, pendapatan peseroan juga terangkat karena jasa ini dalam pencatatan keuangan dimasukkan ke bisnis new wave.

“Pada tahun lalu New Wave di laporan keuangan belum dikonsolidasi menyumbang 23 persen bagi total pendapata. Sedangkan yang terkonsolidaswi sekitar 10 persen. Kita harapkan tahun ini bsia naik jadi 11 persen,” katanya.

Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G Wiryanata menambahkan, layanan IPTV tidak akan menggerus pasar TV kabel yang dimiliki oleh anak usaha Telkomvision karena keduanya memiliki segmen dan karakteristik berbeda.

“IPTV ini layanannya interaktif dimana pelanggan bisa melakukan content on demand, karaoke, dan game online. Ini berbeda dengan TV kabel biasa yang searah dan jadwal tayang ditentukan oleh broadcaster,” katanya.

Nyoman menegaskan, perseroan sudah melakukan studi yang mendalam kala mempersiapkan layanan ini. “Kami sudah menyiapkan beberapa paket pemasaran sesuai best practice yang terjadi di luar negeri. Gunanya uji coba ini untuk mengetahui respons pasar dari setiap layanan yang diberikan,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s