240211 Operator Harus Pintar Kelola Trafik

JAKARTA—Operator telekomunikasi disarankan untuk pintar mengelola trafik data agar tidak menjadi hanya pipa penghantar yang berujung kepada membebani jaringan dan menggerus keuntungan.

“Operator jangan mau menjadi dumb pipe. Jadilah smart pipe di era meningkatkanya pasar data lima tahun mendatang,” ungkap Portfolio Marketing Manager Ericsson Indonesia Pamungkas Trishadiatmoko di Jakarta, Rabu (23/2).

Dijelaskannya, langkah untuk menjadi smart pipe bisa dilakukan dengan memilah-milah pola akses data melalui titik-titik tertentu. “Jika pelanggan dipaksa mengakses melalui titik yang ditentukan, operator mendapatkan keuntungan berupa database dan profiling dari pelanggan. Nantinya ini bisa menjadi alat negosiasi dengan penyedia konten untuk mendapatkan sharing revenue. Selain itu,  pola ini juga akan menekan jaringan tidak terbebani dengan penggunaan data yang berlebihan,” jelasnya.

Head of Marketing Kusuma Lienandjaja mengungkapkan, dalam waktu lima tahun mendatang pengguna broadband di dunia akan mencapai 5 milyar orang. “Mobility, broadband, dan komputasi awan (cloud computing) menjadi landasan dari network society,” katanya.

Dikatakannya, untuk mendukung ketiga kekuatan tersebut perseroan meluncurkan beberapa produk dan layanan seperti Ericsson Device Connection yang akan membantu operator dengan mudah dan cepat dalam meluncurkan solusi mesin ke mesin, antena yang terintegrasi dengan radio, prtofolio jaringan Internet Protocol (IP), dan PC sebagai solusi layanan yang memungkinkan operator untuk membundel aplikasi bagi pelanggan broadband dalam layanan cloud.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s