170210 BTEL Ujicoba Layanan BlackBerry

JAKARTA—PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) sedang mengujicoba layanan BlackBerry milik Research In Motion (RIM) di jaringannya sebelum mengomersialkan untuk meningkatkan pangsa pasar anak usaha Bakrie Connectivity (BCONNECT).

“Benar,  sudah dua minggu kami mengujicoba layanan BlackBerry dengan menggunakan jaringan BCONNECT. Ini bagian dari persiapan sebelum resmi mengomersialkan ke pasar,” ungkap Presdir Bakrie Connectivity Erik Meijer kepada Koran Jakarta, Rabu (16/2).

Dijelaskannya, langkah perseroan menggelar layanan BlackBerry tak bisa dilepaskan dari potensi pasar yang masih tinggi untuk jasa tersebut. “Permintaan layanan BlackBerry masih tinggi di pasar sementara pemainnya terbatas. Kami ingin masuk dengan konsep value for money yang selama ini menjadi ciri khas dari produk-produk BTEL,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, operator yang menjadi Mitra RIM adalah Telkomsel (960 ribu pelanggan), Indosat (650 ribu pelanggan), XL (650 ribu pelanggan) Axis (90 ribu pelanggan), Smart Telecom (20 ribu pelanggan), dan  Tri (90 ribu pelanggan).

Pemain berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) yang menjadi mitra RIM adalah Smart dan Indosat StarOne. Sayangnya, keterbatasan perangkat handset BlackBerry berbasis CDMA dan pola penjualan yang tertutup oleh RIM membuat jasa ini kurang berkembang dengan teknologi tersebut.

Secara terpisah, Pengamat Telekomunikasi Bayu Samudiyo menilai langkah BTEL ikut bermain di jasa BlackBerry belum terlambat walaupun pada tahun ini diperikirakan perangkat komputer tablet ala iPad atau Samsung Galaxy Tab yang akan melesat di pasar.

“Kondisi di Indonesia itu banyak anomali. Walaupun banyak kalangan beranggapan tahun ini eranya Android dan tablet dengan layar sentuhnya, saya perkirakan perangkat dengan desain QWERTY dan Instant Messaging ala BlackBerry Messenger tetap diminati. Masuknya BTEL bisa membuat tarif berlangganan jasa itu menjadi semakin terjangkau nantinya,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s