120210 Mandala Airlines Ajukan Rencana Perdamaian

JAKARTA–Mandala Airlines mengajukan rencana perdamaian agar  investor baru dapat segera masuk dan memulai proses restrukturisasi untuk menyelamatkan perusahaan.

“Manajemen meyakini bahwa rencana ini merupakan pilihan terbaik bagi para kreditur,” ungkap  Presiden Direktur Mandala Airlines Diono Nurjadin di Jakarta, Jumat (11/2).

Dijelaskannya, secara garis besar, rencana perdamaian mencakup tiga hal yakni masuknya investor baru untuk menyuntikkan modal bagi perusahaan, pengajuan konversi sebagian besar hutang kreditur konkuren menjadi saham, dan masuknya pengelola baru untuk memulai kembali operasi perusahaan.

Dikatakannya, secara hukum, perusahaan akan dilikuidasi jika para kreditur tidak menyepakati Rencana Perdamaian ini. Jika hal ini terjadi, kreditur konkuren hanya akan menerima kompensasi dengan jumlah yang sangat kecil, dengan syarat jika dana masih tersedia.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari para kreditur atas Rencana Perdamaian ini, agar kita semua dapat segera memulai proses restrukturisasi perusahaan,” ujarnya.

Untuk diketahui, seiring dengan peraturan yang pengatur proses restrukturisasi, pada tanggal 18 Februari 2011, Pengadilan Niaga akan mengadakan pemungutan suara bagi para kreditur untuk menentukan apakah Rencana Perdamaian tersebut disetujui.

Total aset Mandala  sebagai aset riil hanya sekitar  120 miliar rupiah  terdiri dari aset tetap berupa gedung kantor pusat dan sejumlah cabang senilai  110 miliar rupiah serta aset lancar berupa saldo kas  10 miliar rupiah.

Sementara total tagihan sementara yang didaftarkan oleh kreditur lebih dari  300 miliar rupiah.

Sebelumnya, beberapa kreditor dalam negeri Mandala seperti PT Angkasa Pura I dan II (Persero), PT Pertamina (Persero), dan 83 perusahaan anggota Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia sepakat untuk menolak tawaran konversi piutang menjadi saham di maskapai tersebut.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s