290111 Maskapai Asing Batalkan Penerbangan ke Bali

JAKARTA—Sejumlah maskapai asing membatalkan penerbangan ke Bandara Ngurah Rai, Denpasar sejak Kamis (27/1) hingga Jumat (28/1) karena rute udara tercemar debu vulkanik akibat erupsi yang terjadi pada Gunung Bromo Jawa Timur.

“Sebanyak 13 penerbangan internasional dari dan menuju ke Ngurah Rai melakukan pembatalan penerbangan pada hari ini, Jumat  (28/1),” ungkap juru bicara Kementrian Perhubungan Bambang S Ervan di Jakarta, Jumat (28/1).

Diungkapkannya, pembatalan penerbangan hari ini diantaranya dilakukan oleh Jetstar Airways 6 kali penerbangan, Virgin Blue 4 penerbangan, Cathay Pacific 2 penerbangan, Value Air 1 penerbangan. Maskapai itu terbang dengan destinasi di antaranya Hong Kong, Australia dan Singapura.

Sementara itu pada hari sebelumnya, Kamis (27/1) terdapat 10 kali pembatalan penerbangan internasional. Maskapai yang melakukan pembatalan adalah Cathay Pacific, Jetstar Airways, Value Air dan KLM. Penerbangan mereka dilakukan untuk destinasi Perth, Darwin, Sidney, Melbourne, Hong Kong dan Singapura. Akibat pembatalan penerbangan itu, sebanyak 1.749 orang penumpang diinapkan di hotel oleh pihak maskapai.

Meski demikian, ada juga sejumlah maskapai yang tetap melakukan penerbanga dari dan menuju ke Ngurah Rai di antaranya adalah AirAsia dan China Airlines. Sementara untuk penerbangan domestik tidak terganggu sama sekali.

“Pembatalan penerbangan internasional itu dilakukan para maskapai setelah keluar Notice to Airmen (Notam) dari  Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) Darwin pada pukul 12.00, Kamis (27/1). Dalam Notam disebutkan bahwa debu vulkanik sudah mencapai Bali,” ungkapnya.

Dikatakannya, pengaruh debu vulkanik mencapai ketebalan 200 nautical mile dengan ketinggian 18.000 kaki. Terkait debu vulkani Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub juga mengeluarkan Astam dan Notam Precuation agar penerbangan menghindari wilayah tertentu yang terpengaruh debu vulkanik. Namun sebenarnya,  pendaratan di Ngurah Rai masih bisa dilakukan.

Sriwijaya Air
Pada kesempatan lain, Senior Corporate Communication Manager Agus Soedjono mengungkapkan, dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek 2562 M, Sriwijaya Air mengadakan kegiatan  program “Lucky Angpao” dan  Undian  Tiket.

Dijelaskannya,  Lucky Angpao adalah pemberian hadiah berupa souvenir menarik kepada pelanggan Sriwijaya Air yang melakukan pembelian tiket pada tanggal 28 Januari 2011 s/d 10 Februari 2011. Selama program berlangsung, pelanggan akan mendapatkan angpao untuk setiap transaksi pembelian. Angpao tersebut berisikan nama souvenir dan dapat ditukarkan langsung sesuai yang tertera di dalam angpao. Program ini hanya berlaku untuk pembelian tiket di Kantor Cabang Sriwijaya Air yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cikarang

Selain program lucky angpao, menyambut Imlek ini Sriwijaya Air juga memberikan 1 (satu) buah undian tiket PP bagi 1 (satu) orang  pelanggan yang mengikuti penerbangan dari dan ke rute Jakarta – Pontianak – Jakarta,  Jakarta – Pangkal Pinang – Jakarta, Jakarta – Tanjung Pandan – Jakarta, Jakarta – Tanjung Pinang – Jakarta, Jakarta – Palembang – Jakarta, Jakarta – Jambi – Jakarta dan Jakarta – Singapura – Jakarta pada tanggal 1, 2, 3 & 4 Februari 2011.

Hadiah tiket disesuaikan dengan rute penerbangan yang diikuti oleh pelanggan pada saat memenangkan undian. Pengundian tiket akan dilakukan oleh pramugari dengan cara mengumpulkan boarding pass pelanggan pada saat berada di dalam pesawat.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s