260111 RI-India Tandatangani Air Service

JAKARTA–Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan India menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) Air Service  pada Selasa (25/1).

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Penerbangan Sipil India Dr. Syed Nasim dan Menteri Perhubungan Indonesia Freddy Numberi disaksikan PM India Manmohan Singh dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

“MoU sudah resmi ditandatangani,” ungkap juru bicara Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S. Ervan di Jakarta, Selasa (25/1).

Dijelaskannya,  perjanjian  akan berisi tentang definisi wilayah, penunjukan perusahaan penerbangan, tarif, sertak eselamatan dan keamanan penerbangan.

“Selama ini penerbangan ke India tidak ada yang langsung. Semua baru codeshare atau connecting flight. Pemerintah ingin membuka kesempatan bagi maskapai lokal masuk ke India,” jelasnya.

Menurutnya, India adalah salah satu negara yang mengalami pertumbuhan perekonomian tinggi sehingga wajar dipererat kerjasama khususnya untuk angkutan udara.

Dalam situs resmi Kemenhub, perjanjian baru itu merupakan revisiatas air service agreement antarkedua negara sebelumnya yang telahditandatangani pada 18 September 1968.

Sebelumnya juga telah dilakukan perundingan hubungan udara untukmerevisi perjanjian yang ada. Perundingan dilakukan di New Delhi,India, pada 25 Mei-26 Mei 2010.

Di dalam revisi perjanjian udara,
kedua negara sepakat menganut multi designated airlines, untuk penunjukan perusahaan penerbangan. Artinya, tidak hanya satumaskapai yang bisa melayani rute RI-India.

Dirjen Perhubungan Udara Herry Bhakti S Gumay mengungkapkan,    sejumlah maskapai tertarik memberikan layanan penerbangan ke India.

Sebelumnya, Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan tahun ini akan beroperasi ke beberapa rute regional antara lain kota Mumbai dan New Delhi.

Rencananya Garuda akan mengoperasikan pesawat jenisBoeing 737-800 NG.

Secara terpisah, juru bicara Indonesia Air Asia  Audrey Progastama mengatakan belum tertarik menggarap rute langsung dari Indonesia ke India.

” AirAsia memang sudah ke India. Indonesia AirAsia (IAA) belum,” katanya.

Diungkapkannya, selama ini IAA  hanya ada layanan fly thru dari Jakarta, Bali, Surabaya, Medan menuju beberapa Kota di India, melalui Kuala Lumpur (transit). Itupun bukan hanya IAA yang mengoperasikan,  gabungan antara IAA dan AirAsia X.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s