250111 XL Modernisasi Jaringan di Sumatera

JAKARTA—PT XL Axiata Tbk (XL) melakukan modernisasi jaringan di Sumatera mulai 16 Januari hingga 1 Februari 2011 untuk mengantisipasi kian tingginya trafik komunikasi di area itu.

”Kota Medan dan beberapa kabupaten di Sumatera Barat menjadi prioritas dari modernisasi,” ungkap VP West Region XL AXiata  Agus Simorangkir di Jakarta, Senin (24/1).

Dijelaskannya, modernisasi perlu dilakukan seiring berubahnya pola berkomunikasi pelanggan dari dulunya hanya suara dan SMS menjadi keranjingan akses data.  ”Di Medan  permintaan layanan datanya  bertumbuh sangat cepat. Anak TK saja sudah pegang BlackBerry,” katanya.

Diyakininya, teknologi BTS terbaru yang dimiliki  akan membuat kapasitas bertambah 50 persen dan  menekan konsumsi energi hingga 60 persen.  Modernisasi jaringan yang dilakukan antara lain mencakup penggantian perangkat RBS (Radio Base Station] dan BSC [Base Station Controler] dengan perangkat yang lebih baru dari sisi penghematan penggunaan ruang, konsumsi daya dan teknologi yang mampu beradaptasi dengan evolusi penggunaan gadget ke masa yang datang. Proses modernisasi ini melengkapi modernisasi jaringan sebelumnya yakni dengan antara lain penggunaan softswitch, dan IP Transmission.

Hingga saat ini jumlah pelanggan di seluruh Sumatera sebanyak 9 juta, sedangkan khusus di Sumatera Utara sekitar 2,3 juta dan Sumatera Barat 570 ribu. Layanan XL di Sumatera didukung oleh antara lain BTS 4.836 (2G/3G), termasuk 2.733 (2G/3G) BTS di antaranya di Sumatera Bagian Utara (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep Riau).

Selain itu, jaringan XL juga ditopang dengan Backbone Microwave dan 4 ring kabel serat optik teresterial dan submarine yang telah menjangkau sebagian besar Sumatera dan kepulauan dan sekaligus terhubung dengan jaringan di Jawa dan pulau-pulau lainnya, termasuk ke jalur internasional.

Diharapkannya, adanya modernisasi akan meningkatkan pangsa pasar XL di Sumatera. ”Saat ini diperkirakan ada 35-37 juta pelanggan selular di area itu. Kami perkirakan pangsa pasar  XL sekitar 22-23 persen  di Sumatera alias naik dibandingkan sebelumnya sekitar 14.5 persen. Kita harapkan tahun ini semakin naik jadi 30 persen,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s