110111 Bersiap Hadapi Era Tablet

Jasa data diyakini akan semakin berkibar pada tahun ini. Setelah pada tahun lalu pertumbuhan kontirbusinya di operator besar mencapai dua kali lipat, pada tahun ini hal serupa diyakini akan terjadi.

Salah satu pemicu maraknya layanan data adalah jenis perangkat yang semakin beragam seperti ponsel pintar mulai dari iPhone, BlackBerry atau ponsel lokal. Selain itu, sistem operasi yang beragam seperti  Android juga menjadi pemicu pelanggan semakin haus untuk menikmati akses data.

Salah satu perangkat untuk mengakses data yang diyakini akan berkibar pada tahun ini adalah computer tablet yang pertama kali diperkenalkan oleh Iphone melalui iPad. Selanjutnya ada Galaxy Tab dari Samsung dan produsen China yang tidak mau ketinggalan bermain di tablet dengan mengusung sistem operasi Android.

Research In Motion (RIM) mulai membocorkan kemampuan browser milik tabletnya  BlackBerry PlayBook.

Dalam video yang berdurasi lebih dari tiga menit yang dimunculkan di situs Cellular News itu terlihat kemampuan dari Playbook  menjadi perangkat mobile internet yang handal.

Dipertontokan dalam video itu kemampuan Playbook menjelajahi  situs videojs.com untuk menjajal kemampuan HTML5 di browsernya. Kemudian dilanjutkan dengan membuka video berbasis flash di YouTube.

Bahan pengujian selanjutnya menyambangi Facebook. Di situs yang sudah memiliki lebih dari 500 juta pengguna ini, PlayBook coba bermain dengan fasilitas chat dan game.

Dari demo itu  bisa diketahui kemampuan perangkat ini  membesarkan (zoom-in) dan mengecilkan (zoom-out) tampilan di perangkat ini sama seperti iPad yakni menyapukan tangan.

Lembaga  riset Gartner Inc memperkirakan penjualan komputer tablet pada 2010  mencapai 19,5 juta unit dan pada tahu ini  meningkat tiga kali lipat

Berbagai pemain pendukung untuk perangkat ini telah mempersiapkan diri seperti Opera Software tengah menyiapkan  browser yang dikhususkan untuk perangkat tablet guna mengantisipasi semakin tingginya pemakaian produk tersebut pada tahun ini.

Dikutip melalui situs Engadget, browser  milik Opera ini akan hadir secara khusus dengan basis sentuhan. “Pemunculan pertama dari browser ini akan terlihat pada  acara Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas pekan ini,” kata situs tersebut.

Diungkapkannya, browser milik opera itu  sangat intutif dan mampu bergeser secara halus sama seperti yang dimiliki Safari untuk iPad. Bedanyam  Opera tablet tersebut dijalankan untuk sistem operasi berbasis  Android.

Opera Tablet ini memiliki sistem antarmuka berbeda dengan Opera Mini karena jika Opera Mini memproses isi konten dengan terhubung ke server mereka maka Opera Tablet ini akan menjalankan kode HTML dan JavaScript secara langsung di browser.

Praktisi telematika Faizal Adiputra mengakui pada 2011  pasar tablet akan booming di Indonesia dan mulai  sedikit menggeser posisi netbook. “Ini bisa dilihat dengan mulai agresifnya beberapa operator menggandeng penyedia perangkat tablet berjualan bundling data,” katanya

Sedagkan untuk apliklasi lokal juga  mulai mengarah ke computer tablet, terutama berbasis siste, Android. Fokus pengembangan aplikasi lokal  masih ke arah komunitas atau berbasis lokasi.
Selain itu diharapkan mulai bertumbuhnya pengembang game dari permainan asli Indonesia karena game di mobile device akan menjadi tren di tahun 2011 ini.

“Hal yang masih perlu diperjuangkan oleh pengembang aplikasi di Indonesia adalah bagaimana tetap mengembangkan aplikasi dan berbayar. Jangan hanya yang gratis saja,” tegasnya. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s