110111 Anggaran USO naik 21,4%

JAKARTA—Anggaran untuk dana Universal Service Obligation (USO) pada tahun ini mencapai  3,4 triliun rupiah atau meningkat 21,4 persen dibandingkan 2009 sebesar  2,8 triliun rupiah

“Pemerintah menargetkan bisa menambah 1.000 daerah yang belum terjamah sambungan telepon bisa menjadi desa berdering tahun ini. Hingga akhir tahun lalu, desa berdering yang sudah dibangun sebanyak 31.800 wilayah.  Juni ini bisa selesai semua,” ujar Menkominfo Tifatul Sembiring di Jakarta, belum lama ini.

Sedangkan untuk  untuk desa pintar yang telah dilengkapi akses internet  rencananya akan ditambah  1.000 daerah lagi hingga 2014.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI) Santoso Serad mengungkapkan,  seluruh Pusat Layanan Internet Kecamatan yang sudah terbangun dapat menikmati Internet bulan ini seiring didapatkannya pemenang tender  penyediaan port Internet upstream yakni  Cyber Network Indonesia (CNI).

Cyber Network Indonesia dinyatakan menjadi pemenang pada pekan ke-3 bulan Desember 2010 dalam proses tender penyedia port Internet bagi 5.748 pusat layanan Internet kecamatan (PLIK).

CNI memiliki bisnis utama di bidang penyediaan layanan jaringan broadband, dan menjalin kerja sama kemitraan dengan Speedcast Ltd HK yaitu anak perusahaan Asiasat Hong Kong yang bergerak sebagai operator satelit di wilayah in Asia Pasifik.

Adapun sejumlah fasilitas Internet kecamatan yang akan dapat segera digunakan antara lain di daerah yang pembangunannya telah 100 persen  seperti PT Telkom di wilayah Sulawesi, Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara. Daerah PT Aplikanusa Lintasarta yaitu wilayah Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Maluku, serta Papua.

Sementara itu sebagian daerah penggelaran infrastruktur PLIK lainnya yang penandatanganan kontraknya sempat tertinggal 2 bulan dibandingkan Telkom dan Lintasarta, saat ini masih mengejar penyelesaian. Sebagai contoh, PT Sarana Insan Muda Selaras yang baru mencapai 60 persen  penggelaran di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sedangkan PT Jastrindo Dinamika dengan wilayah Jawa Timur dan Sumatra (diluar NAD dan Sumut) baru mencapai 38 persen. Keduanya dijadwalkan baru menyelesaikan proyek pada Februari 2011.[dni]

1 Komentar

  1. Wah, di kecamatan aku skrg dah ada PLIK, tp blum pernah kesana karena gak tahu apa fasilitasnya dan berbayar apa gak..

    Mampir ke blog saya ya..
    Fakta Unik


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s