060111 Telkomsel Layani 1,8 Miliar SMS

JAKARTA—Telkomsel kala pergantian tahun lalu berhasil melayani 1.8 miliar SMS atau melonjak 136 persen dari jumlah pengiriman hari biasa sekitar 763 juta SMS per hari dari 94 juta pelangganya.

“Upaya menghadirkan layanan berkualitas melalui penggelaran jaringan dalam rangka menghadapi periode pergantian tahun baru telah direspon positif dan dimanfaatkan oleh pelanggan secara optimal,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno di Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkannya, kenaikan pengiriman SMS diantisipasi dengan peningkatan kapasitas SMS Center dari 60.000 SMS/detik tahun lalu menjadi sanggup memproses 80.000 SMS/detik.

Sedangkan penggunaan layanan komunikasi untuk menelpon meningkat menjadi 310 juta panggilan pada puncak pergantian tahun, di mana trafik yang sukses dilayani 1.080 juta menit atau melonjak 13 persen dibanding trafik suara di hari normal. Untuk layanan MMS terjadi kenaikan trafik sebesar 75 persen menjadi 1.100 ribu MMS dari trafik MMS sehari-hari 630 ribu MMS. Sementara untuk layanan data, terjadi penurunan trafik sebesar 11 persen menjadi 56 Tera Bytes dari trafik data sehari-hari 63 Tera Bytes per hari.

Ditegaskannya, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan menjelang momen pergantian tahun. Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan trafik komunikasi yang signifikan, yang biasanya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru.

Sebelumnya, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewa Broto menegaskan, layanan operator kala pergantian tahun belum memuaskan mengacu fakta di lapangan yang menunjukkan pelanggan masih harus mengulang panggilan minimal sekali untuk dapat terhubung dengan tujuan yang dihubungi.

Sementara itu, untuk layanan data, sekitar 2 jam menjelang pergantian tahun baru hingga 2 jam berikutnya, kecepatan untuk mengakses internet agak terkendala, karena kecepatannya berkurang dan cukup banyak dikeluhkan oleh sejumlah pengguna layanan kepada Kemenkominfo.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s