281210 Operator Disarakan Jalankan Transformasi Sistem OSS /BSS

JAKARTA—Operator telekomunikasi disarankan menjalankan tarnsformasi Operating System Software, Billing Software System (OSS, BSS) untuk mengantisipasi terus turunnya pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) di jasa  suara dan meningkatnya  permintaan untuk mobile internet.

“Operasi dan sistem pendukung bisnis (OSS/BSS) adalah kunci dari bisnis yang sukses mendukung operasi penyedia layanan sebagai  suatu badan usaha,” ungkap Country Director Frost & Sullivan Indonesia Eugene van De Weerd di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, sistem OSS/BSS mampu  menurunkan biaya dan menjaga efisiensi operasional, serta mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan mengingat  permintaan konsumen kian  dinamis.

“Pasar sedang mengalami masa transisi dan penyedia jasa telah ber-transformasi menjadi organisasi yang berorientasi pada konsumen (customer-centric) dengan jaringan dan infrastruktur yang lebih handal,” katanya.

Dikatakannya, layanan berbasis konsumen yang dikenal dengan istilah “life changing services” saat ini sedang berkembang. Layanan tersebut  merupakan kombinasi dari kemampuan jaringan, konten, dan fitur perangkat pengguna untuk memenuhi  kebutuhan konsumen akan fitur-fitur pendukung kegiatan bisnis, sosial maupun pribadi

“Tantangan terbesar bagi penyedia layanan adalah memenuhi peningkatan permintaan atas layanan data secara eksponensial. Masalah yang dihadapi sekarang adalah  kesenjangan antara layanan data yang bertumbuh secara eksponesial dan pendapatan yang dihasilkan ,” katanya.

Berdasarkan catatan, pada awal tahun ini Telkomsel  salah satu operator yang menyelesaikan tender  OSS, BSS senilai 1,2 triliun rupiah  dengan menjadikan  Amdocs sebagai  rekanan.

Amdocs berdasarkan penelusuran di Internet pernah terlibat bersama agen rahasia Israel, Mossad, dalam menyadap gedung putih beberapa tahun lalu.  Namun, masalah asal perusahaan ini diklarifikasi oleh Menkominfo Tifatul Sembiring dan manajemen Telkomsel yang menyatakan perusahaan ini berasal dari Amerika Serikat.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s