281210 Layanan Data Semakin Diminati

JAKARTA—Layanan data semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal itu terlihat dari pantauan trafik dalam menyambut hari Natal 2010 dimana  operator telekomunikasi mengalami kenaikan penggunaan jasa data sebesar 10-12 persen.

“Hampir sebagian besar operator telekomunikasi mencatat kenaikan trafik secara beragam. Khususnya pada tanggal 25 Desember 2010, komunikasi data  naik  berkisar antara 10 hingga 12 persen,” ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo  Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Senin (27/12).

Diungkapkannya,  trafik percakapan (voice) dibandingkan rata-rata di hari-hari biasa mencatat kenaikan antara 5 dan 8 persen. Sedangkan pengiriman SMS lonjakannya berkisar 7 dan 9 persen dibandingkan  hari biasa.

Untuk konsentrasi penggunaan layanan suara dan pengiriman SMS tertinggi secara umum tercatat di wilayah Jabodetabek, kemudian dari dan ke arah sebagian Jawa, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, sebagian Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, sebagian Maluku, Papua, Irian Jaya Barat, dan NTT.

Vice President Network & Service Quality Telkomsel Anky A. Priyagung,  mengakui,  pada libur dan perayaan Natal tahun ini terjadi peningkatan lonjakan trafik data sampai sekitar 5 persen dibandingkan hari-hari biasa. “Kami mencatat kenaikan lonjakan trafik data sekitar 5 persen  yang paling banyak dikontribusi dari layanan BlackBerry,” ujarnya.

Menurut Anky, lonjakan trafik komunikasi seperti percakapan (voice) dan SMS tidak terlalu besar dan cenderung seperti lonjakan pada akhir pekan biasanya.

Head of Corporate Communication  XL Axiata Febriati Nadira,, mengungkapkan, terjadi lonjakan trafik percakapan dan SMS  pada hari H Natal. “Trafik percakapan naik 6 persen menjadi 635 juta menit, SMS naik 7 persen (695 juta SMS) dan data  naik 11 persen menjadi 18,9 terrabytes per hari dibandingkan hari biasa,” paparnya.

Executive General Manager Divisi Telkom Flexi Triana Mulyatsa,  mengungkapkan,  animo masyarakat untuk menggunakan layanan data  FlexiNet cukup besar. “Khususnya pada hari libur dan periode Natal  2010 dan menjelang Tahun Baru 2011. Ini terlihat dari kenaikan trafik sekitar 2  Mbps setiap harinya,” ujarnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s