231210 Natal dan Tahun Baru, XL Perkirakan Trafik Naik 30%

JAKARTA—PT XL Axiata Tbk (XL) memperkirakan trafik komunikasi suara dan SMS dari 40 juta pelanggannya saat perayaan Natal 2010 dan tahun baru 2011 akan naik sebesar 20-30 persen.

“Kami perkirakan akan naik sebesar 20-30 persen karena adanya pengiriman ucapan selamat dari pelanggan ke kerabatnya. Tetapi itu tidak akan terjadi di semua area. Biasanya yang tinggi di Jabodetabek atau Bali,” ungkap VP Network Operation XL Robert Dedi Purwanto di Jakarta, Kamis (22/12).

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi kenaikan trafik, perseroan sudah menyiapkan 21.623 BTS dan serat optik di sepanjang Pulau Jawa yang tersambung melalui kabel bawah laut ke Pulau Sumatera, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi.

XL sendiri dengan infrastruktur yang tersedia memiliki kapasitas melayani jasa suara sebesar 940 juta menit per hari. Sedangkan jasa SMS  bisa terlayani 59 ribu SMS per detik atau 650 juta SMS per hari. Terakhir, untuk data kapasitas yang dimiliki sebesar 173 terabyte.

“Kapasitas untuk suara baru terpakai 60 persen, sementara SMS sekitar 40 persen, dan jasa data hanya 10 persen. Adanya lonjakan masih di ruang yang bisa terlayani,” jelasnya.

Direktur Pemasaran XL Nicanor V Santiago menambahkan, untuk meningkatkan utilisasi dari jaringan serta meningkatkan jumlah pelanggan, maka perseroan menawarkan program tarif menelpon 0 rupiah dari detik pertama selama 30 detik jika menelpon ke nomor XL bagi pelanggan baru. Selain itu juga diberikan gratis seribu SMS setelah mengirimkan sejumlah pesan singkat dalam satu hari. Program ini berlaku mulai 20 Desember hingga 28 Februari 2011.

“Ini adalah penawaran yang cukup fenomenal di industri. Kami jamin pelanggan bisa mendapatkan layanan gratis ini karena jaringan mendukung. Kita harapkan program ini bisa menggoda pengguna baru dan segmen switcher yang sangat sensitive harga,” jelasnya.

GM Voice and SMS XL Riza Rachmadsyah menegaskan, program terbaru itu sebagai pembuktian dari perseroan untuk menawarkan sesuatu yang terjangkau ke pelanggan. “JIka itu memberikan dampak seperti dimulainya perang tarif, itu resiko yang harus ditanggung.  Kami sudah membuat kalkulasi dampak yang terjadi di pasar dan mengantisipasinya,” tegasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s