211210 Langkah Plasa.com Makin Berat

JAKARTA—Langkah portal Plasa.com untuk berkembang di bisnis internet diyakini makin berat seiring ditinggalkan oleh punggawa utamanya Shinta Danuwardoyo sebagai CEO per 1 Desember 2010.

“Perusahaan itu baru dibangun oleh Telkom. Jika CEO-nya sudah mengundurkan diri dimana portal baru seumur jagung berarti ada ‘sesuatu’ terjadi di dalamnya,” kata pengamat telematika Mochammad James Falahuddin kepada Koran Jakarta, Senin (20/12).

Disarankannya, pemimpin baru yang akan terpilih di portal yang dibuat oleh Telkom sebagai salah satu pemain e-commerce di Indonesia itu untuk lebih memperhatikan prinsip-prinsip dasar internet marketing, seperti upaya meningkatkan trafik agar kinerjanya dapat terlihat di permukaan.

“Adanya dukungan nama besar Telkom seharusnya portal ini masuk dalam rangking 10 besar situs yang paling sering diakses di Indonesia. Bukan seperti sekarang berada di peringkat 300-an. Hasil reformasi portal yang dilakukan awal tahun ini tidak menunjukkan meningkatnya trafik, malah justru menurun dengan konsisten,” sesalnya.

Sementara Direktur IT & Supply Telkom Indra Utoyo membantah terjadi “sesuatu” terhadap Shinta Danuwardoyo sehingga terpaksa mengundurkan diri. “Tidak ada itu ‘sesuatu’ terjadi. Jangan semuanya ditarik ke hal politis,” tegasnya.

Dijelaskannya, sosok Shinta telah membangun pondasi bisnis berbasis e-commerce yang kuat bagi Plasa.com . Hal itu dibuktikan dengan berhasil menggaet 400 ribu pengguna per November 2010, serta tercipta kerjasama bisnis dengan raksasa bisnis e-commerce eBay untuk penetrasi penjualan ke luar negeri dan Microsoft untuk layanan e-mail.

Selain itu, Mojopia juga sukses menapak ke bisnis konten dengan menyediakan layanan konten Barclay Premiere League (Liga Inggris) kepada Telkom Group dan Telkomsel.

Shinta Danuwardoyo sendiri sebelum berkiprah di Plasa.com adalah salah satu pebisnis di sektor digital dan terkenal dsebagai salah satu inisiator bubu award. CEO Plasa.com selanjutnya akan dipegang oleh Ariadi Anaya yang saat ini menjabat sebagai Executive Vice President Business Portfolio Management PT Multimedia Nusantara, sebuah anak perusahaan Telkom yang juga pemegang saham Plasa.com.

Chief Innovation Officer Plasa.com Andi S. Boediman menegaskan, perseroan akan terus berkiprah seperti mencapai target pengguna 2 juta pelanggan di tahun mendatang melalui integrasi layanan e-commerce, email dan konten.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s