181210 GPS Mobil akan Terjual 79.100 unit

JAKARTA—Perangkat sistem navigasi mobil (Global Positioning System/GPS) akan terjual sebanyak 79.100 unit pada tahun depan atau tumbuh 49,5 persen dibandingkan 2010 sebesar 52.900 unit.

Menurut Konsultan Senior Otomotif & Transportasi, Frost & Sullivan Asia Pasifik, Masaki Honda, pasar navigasi mobil di Indonesia saat ini masih sangat kecil namun akan berkembang pesat menjelang tahun 2015 seiring dengan meningkatnya kesadaran dan daya beli masyarakat.

“Pasar navigasi mobil Indonesia didominasi oleh PND atau perangkat navigasi portabel (Portable Navigation Device). Sistem navigasi yang dipasang menyatu dengan perangkat audio di kendaraan (embedded) kemungkinan besar tidak dapat melakukan penetrasi lebih jauh di pasar karena harganya yang tinggi,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (17/12).

Dikatakannya, penggunaan perangkat navigasi asli dari pabrikan (original equipment /OE) dan yang dipasang di dealer masih belum menjadi hal yang umum di Indonesia dan kemungkinan belum akan menjadi sesuatu hal yang populer dalam waktu dekat.

Diungkapkannya, mobil mewah seperti Mercedes-Benz, BMW dan Audi tidak memiliki rencana untuk meluncurkan model yang dilengkapi sistem navigasi mobil menyatu dengan perangkat audio karena sebagian besar para pemilik mobil mewah umumnya memiliki supir yang sudah hafal jalan-jalan di kota mereka di Indonesia.

“Saat ini Garmin dan Mio merupakan pemain-pemain utama pasar navigasi di Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 90 persen. Pemasok perangkat navigasi portabel mengharapkan adanya peningkatan permintaan pasar yang besar di masa depan,” katanya.

Dijelaskannya, istem pasar navigasi mobil di empat negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand diharapkan akan tumbuh dengan laju pertumbuhan tahunan gabungan (Compound Annual Growth Rate) sebesar 33,5 persen (2009-2015) hingga mencapai 1,7 juta unit pada tahun 2015.

“Khusus untuk pasar navigasi mobil di Indonesia kemungkinan bertumbuh pada laju pertumbuhan tahunan gabungan (Compound Annual Growth Rate) 29,1 persen (2009-2015) hingga mencapai 174.600 unit pada tahun 2015,” katanya.

Ditegaskannya, perangkat navigasi portabel akan tetap menjadi sistem navigasi mobil yang paling populer dan menguasai lebih dari 95 persen dari total pasar navigasi di empat negara ASEAN karena harganya yang terjangkau dan multi fungsi.

“Fitur baru seperti layar 3 Dimensi dan tampilan persimpangan telah menjadi fitur standar di perangkat navigasi portabel,” katanya, sambil menambahkan bahwa perangkat navigasi portabel juga mencakup fitur non-navigasi seperti MP3, pemancar radio FM dan Bluetooth.

“Penyedia perangkat sistem navigasi saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan sistem navigasi mobil, khususnya perangkat navigasi portabel, melalui media dan pameran, sehingga konsumen menjadi lebih sadar akan kemudahan sistem navigasi dalam mobil,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s