141210 Sriwijaya Ingin Kembangkan Rute KTI

JAKARTA–Maskapai penerbangan swasta Sriwijaya Air  mulai tahun depan  akan lebih agresif mengembangkan rute untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) guna memperluas pangsa pasar yang dilayani.

“Tiga rute di Papua yaitu Sorong, Jayapura dan Timika menjadi sasaran utama perseroan untuk menyambung kota-kota di seluruh Indonesia. Diharapkan pada semester I 2011 sudah bisa dilayani tiga kota itu,” ungkap juru bicara Sriwijaya Air Ruth Hanna Simatupang di Jakarta, Senin (13/12).

Diungkapkannya, selama ini  rute-rute untuk KTI yang dilayani perseroan masih terbatas seperti ke.  Ternate, Ambon, Kupang dan kota-kota di Pulau Sulawesi.

“Untuk mendukung ekspansi tersebut, Sriwijaya akan mendatangkan dua unit pesawat lagi yaitu Boeing 737-300 yang dipastikan datang pada bulan ini,” jelasnya.

Dikatakannya,  disasarnya kota-kota di Papua tersebut sebagai salah satu rencana bisnis Sriwijaya karena selama ini daerah itu belum digarap dengan baik.

Menurutnya, banyak maskapai enggan ke wilayah itu Karena kondisi cuacanya yang ekstrim. Namun, di  sisi lain, karena kurangnya layanan, maka permintaannya sangat besar sehingga pemain  pun bisa memberikan layanan dengan harga yang sangat baik.

Selanjutnya diungkapkan,  pada semester II 2011 nanti, kota-kota di Asia juga direncanakan akan diterbangi maskapai tersebut seiring datangnya  dua unit  Boeing 737-800 NG. “Kota-kota di Asia timur dan Australia bakal menjadi sasaran Sriwijaya,” katanya.

Secara terpisah,  Direktur Niaga Sriwijaya, Toto Nursatyo memperkirakan, pada tahun depan bisa mengangkut 9 juta penumpang mengingat iklim bisnis penerbangan saat ini sangat baik.

“Pertumbuhan Sriwijaya tahun ini diyakini melampaui target tersebut, di mana jumlah  penumpang yang diangkut  hingga Desember nanti diperkirakan melampaui 7,2 juta orang. Pada 2009 kami mengangkut. 5,6 juta penumpang. Itu artinya pertumbuhan kami mencapai 30 persen tahun ini,” jelasnya.

Diungkapkannya, dari capaian hingga November lalu, di mana jumlah penumpangnya telah mencapai 6,63 juta. Pada akhir tahun yang biasanya terjadi peak season, maka penumpang bakal meningkat lagi. Perkiraannya, pada Desember ini Sriwijaya bakal menambah sekitar 600 ribu penumpang.

Hingga akhir tahun 2010, Sriwijaya mengoperasikan sebanyak 27 unit pesawat, yaitu Boeing 737 seri 200, 300, 400 dan 500.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s