091210 Operator Diminta Serius Tangani Keluhan Pelanggan

JAKARTA–Operator telekomunikasi diminta untuk lebih serius menangani keluhan pelanggan guna menekan adanya gejolak sosial yang tak puas terhadap  kualitas layanan pelaku usaha.

“Kami minta operator untuk lebih serius menangani keluhan dari pelanggan. Baik yang datang langsung ke pusat layanan atau melalui telepon dan jejaring sosial. Jika dianggap sepele itu melanggar regulasi,” tegas Juru bicara KemKominfo Gatot S Dewo Broto di Jakarta, Rabu (8/12).

Gatot diminta tanggapannya terkait peristiwa meninggalnya seorang pelanggan Telkomsel di Menado karena mengeluhkan layanan operator tersebut. Disinyalir sempat terjadi adu debat antara pelanggan dan petugas layanan Telkomsel sebelum peristiwa naas itu terjadi.

Menurut Gatot,  jika operator mengikuti aturan dari kualitas layanan, maka hal-hal naas itu bisa dihindari. “Sayangnya kami masih banyak menemui pelanggaran di lapangan. Padahal jika aturan ini diikuti, secara jelas diatur tentang cara penanganan keluhan pelanggan,” katanya.

Ditegaskannya, adanya peristiwa yang menimpa pelanggan Telkomsel itu akan menjadi catatan bagi regulator dalam evaluasi tahunan terhadap kualitas layanan dari operator tersebut. “Denda terhadap pelanggaran kualitas layanan berlaku mulai tahun depan. Tetapi jika kasus yang menimpa pelanggan Telkomsel ini masuk kejadian luar biasa dan ada bukti-bukti kuat secara hukum,  teguran keras bisa saja dilayangkan seusai ada evaluasi darurat,” ketusnya.

Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono meminta Telkomsel untuk melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut.

“Operator harus mengoreksi diri jika ternyata petugasnya arogan. Semua pihak harus intropeksi diri. Jangan sampai terulang lagi,” tegasnya.

Secara terpisah,   GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra mengaku sedih terkait musibah yang menimpa seorang pelanggannya di pusat layanan perseroan di Menado.

“Telkomsel sangat prihatin atas musibah yang terjadi. Peristiwa ini sedang dalam penyelidikan pihak kepolisian dan Telkomsel menyerahkan sepenuhnya persoalan ini kepada pihak berwenang,” katanya.

Dijelaskannya,   selama proses penyelidikan ini, Telkomsel senantiasa terbuka dan bekerjasama dengan aparat terkait untuk dapat mengungkap peristiwa ini.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s