111110 Sriwijaya Air Ekspansi Regional

JAKARTA–Maskapai swasta nasional, Sriwijaya Air, memilih untuk melakukan ekspansi ke kawasan regional seiring datangnya armada baru mulai tahun depan.

“Kami memilih rute sesuai dengan hitungan bisnis. Dari kajian, rute regional untuk saat ini menguntungkan,” ungkap Direktur Utama Sriwijaya Air Chandra Lie di Jakarta, Rabu (10/11).

Dikatakannya, untuk saat ini maskapainya telah melayani rute Singapura dan Malaysia. Sementara untuk rute Australia yakni ke Kota Perth, telah dikantongi izinnya. “Kami membidik dua kota juga di China yakni Xia Men dan Guangzhou,” katanya.

Direktur Pemasaran Sriwijaya Air Toto Nursatyo menambahkan, untuk penerbangan ke China dan Australia akan menunggu hadirnya pesawat baru Boeing 737-800 NG. “Pesawat dari lessor akan datang sebanyak tiga unit pertengahan tahun depan atau awal 2012. Armada ini digunakan untuk ekspansi ke rute-rute regional,” jelasnya.

Chandra mengungkapkan, perseroan  telah sepakat untuk membeli 20 Boeing 737-800 NG. Sebanyak tiga unit  akan datang dua tahun lagi secara bertahap . Harga satu unit pesawat ini sekitar 75 juta dollar AS dengan kapasitas 189 kursi.

Selain itu juga akan dibeli 20 unit Embraer Regional E Jet dengan kapasitas 105 kursi. Harga satu pesawat ini sekitar 40,5 juta dollar AS.

“Pembiayaan dari pesawat ini 20 persen dari kas internal, sisanya dari pembiayaan eksternal,” jelas Toto.

Berkaitan dengan pemilihan armada Embraer, Toto menjelaskan, hal ini berhubungan dengan keinginan perseroan untuk masuk ke seluruh kabupaten di Indonesia. “Indonesia memiliki 35 bandara dengan panjang 1.400 meter, 70 bandara dengan panjang 1.600 meter, dan 100 bandara dengan panjang 1000-1.500 meter. Fasilitas ini sesuai dengan Embraer yang kami pilih,” katanya.

“Dua tahun lagi tiga unit pesawat Embraer itu akan datang. Kami akan gunakan untuk melayani seluruh wilayah Sumatera dulu, setelah itu ke wilayah lainnya,” tambah Chandra.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s