111110 IM2 Tender Perangkat BWA

JAKARTA—PT Indosat Mega Media (IM2) tengah melakukan tender untuk penyediaan perangkat Braodband Wireless Access (BWA) di area Jawa Barat.

“Kami memang tengah melakukan tender untuk BWA di frekuensi 2,3 GHz. Ini untuk memenuhi kewajiban sebagai penyelenggara,” ungkap Sekretaris Perusahaan IM2 Andri Aslan di Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkannya, peserta tender terdiri dari  penyedia perangkat lokal atau asing. “Kami undang semuanya untuk mendapatkan penawaran dan bentuk ideal dari perangkat BWA yang digunakan. Beberapa perusahaan yang ikut tender adalah Teknologi Riset Global (TRG), Hariff, Alvaritech, Huawei, dan ZTE,” jelasnya.

Berkaitan dengan perusahaan yang belum memiliki sertifikat Type Approval (TA) atau tidak sesuai dengan standar BWA Nomadic yang diminta pemerintah seperti Alvaritech, Huawei atau ZTE, Andri mengaku tidak khawatir. “Ini kan tender jika ada yang menang dan sesuai dengan persyaratan,  tentu nantinya akan mengurus administrasi ke pemerintah,” katanya.

Untuk diketahui, Huawei dan ZTE belum memiliki TA dan lebih memilih pengembangan BWA berbasis 16e. Sementara Alvaritech memiliki hubungan dengan perusahaan asal Israel, Alvarion, yang tidak memiliki hubungan dagang dengan Indonesia.

Alvaritech sendiri dalam mengurush Tingkat Kandungan Dalam Negeri menggunakan perusahaan Jittech, sementara untuk TA memakai bendera Karya Lintas Sejahtera.

Secara terpisah, EGM Divisi Akses Telkom Muhammad Awaluddin mengungkapkan, TRG telah memenangkan tender penyedia perangkat  untuk 5 Zona di spektrum 2,3 GHz milik perseroan. Kelima zona itu adalah  Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Papua dan Maluku

“Untuk jumlah BTS dan Consumer Premise Equipment (CPE) yang dijual belum bias diumumkan,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s