111110 GMF Dipercaya Rawat Armada IAA

JAKARTA–Garuda Maintenance Facilities AeroAsia (GMF) dipercaya oleh Indonesia Air Asia (IAA) untuk merawat seluruh armada Airbus 320 milik maskapai berbasis hemat biaya itu.

“Kami mempercayakan 14 unit pesawat A320 dirawat oleh GMF. Rencananya akan ada dua lagi tahun depan dan dalam waktu lima tahun mendatang terdapat 30 unit,” ungkap Direktur Utama IAA Dharmadi di Jakarta, Rabu (10/11).

Diungkapkannya, selama ini perawatan armada dipercayakan kepada bengkel di Singapura dan Malaysia. “Kepercayaan merawat pesawat di GMF ini menjadikan adanya penghematan sebesar 10 persen,” jelasnya.

Menurutnya, pemilihan GMF karena bengkel ini telah memiliki kemampuan memadai dan orang-orangnya dikenal di perindustrian.

Direktur Utama GMF Richard Budihadianto mengungkapkan, bengkelnya dipercaya selama tiga tahun mendatang untuk merawat seluruh armada IAA dengan nilai kontrak 5 juta dollar AS. “Kami akan melakukan perawatan A dan C check. Dalam jangka panjang diharapkan bisa merawat overhaul,” katanya.

Ditegaskannya, secara kontribusi ke omset GMF nilanya kecil karena pada tahun ini  ditargetkan meraih 160 juta dollar AS. “IAA secara pangsa pasar ini potensia karena merencanakan pertumbuhan armada terus menerus. Apalagi A320 jenis baru yang kami perbaiki. Ini bagus untuk menambah portfolio GMF,” jelasnya.

Selanjutnya diungkapkan, bisnis perawatan pesawat sendiri akan mulai menunjukkan titik cerah pada kuartal pertama tahun depan seiring krisis di industri penerbangan usai.

“Bisnis perawatan terkena dampak krisis dua tahun lalu dengan mengalami penurunan sebesar 20 persen. Kami pun pada tahun ini tidak mencapai target pada tahun ini seperti yang ditetapkan awalnya 1,7 triliun rupiah,” katanya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s