111110 BRTI Nyatakan Kuis Lelang Ilegal

JAKARTA—Badan Regulasi  Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyatakan kuis lelang melalui SMS Premium yang ditayangkan di televisi sebagai produk illegal karena tidak memiliki ijin.

“Kami sudah cek perijinan ke Kementrian Sosial, tidak ada ijin dikeluarkan. Ini artinya illegal. Ini bertentangan dengan regulasi,” ungkap Anggota Komite BRTI Heru Sutadi di Jakarta, Rabu (10/11).

Ditegaskannya, lembaganya akan menyurati operator  untuk menghentikan layanan dari SMS Premium yang cenderung membodohi masyarakat tersebut. “Jika ada yang membandel akan kami panggil. Tidak tertutup kemungkinan diberikan sanksi jika ada yang membandel karena masalah SMS Premium ini seperti lagu lama kaset kusut yang selalu berulang-ulang,” ketusnya.

Dikatakannya, BRTI juga akan berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menghentikan program tersebut di televisi. “Soalnya ini sudah jelas  konsep lelang kuisnya berbeda dengan konsep lelang sesungguhnya. Pada konsep lelang, barang dijual dengan harga tertinggi atau terendah,” katanya.

Tapi dalam kuis SMS premium tersebut, seperti ditegaskan Heru, penawaran yang disampaikan untuk pengikut lelang hanya bersifat basa-basi, di mana sesungguhnya yang dipertaruhkan adalah jumlah SMS yang terkirim.

“Contohnya, smartphone yang harganya  5 juta rupiah , misalnya, meski dengan tawaran satu rupiah, namun dengan banyak yang berkirim SMS, maka uang yang didapat sangat jauh sekali jumlahnya,” jelasnya.

Sebelumnya, operator sendiri terlihat menunggu dari keberanian BRTI menentukan sikap terkait layanan ini.

“Saat ini secara internal sudah didiskusikan terkait layanan kuis lelang itu. Indosat pun sudah menyampaikan pandangannya terkait layanan ini ke BRTI. Prinisipnya, apapun keputusan yang dibuat regulator, akan dipatuhi,”  kata Head of Corporate Communication Indosat Djarot Handoko.

Sementara Deputy VP Corporate Secretary Telkomsel Aulia E. Marinto justru bingung dengan adanya rebut-ribut tentang Kuis Lelang karena selama ini regulator ternyata tidak pernah melakukan surat-menyurat. “Belum ada surat resmi yang diterima Telkomsel yang melarang kuis lelang. Tapi, kami patuh jika ada himbauan dari regulator, jelasnya.[dni]

1 Komentar

  1. saya ingin mendapatkan uang


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s