041110 Telkom Segera Komersialkan IPTV

JAKARTA—Setelah mengalami beberapa kali pengunduran jadwal, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berjanji akan mengomersialkan layanan Internet Protocol TV (IPTV) mulai Desember 2010.

“Jika tidak ada masalah akan dikomersialkan bulan depan. Diharapkan tahun depan ada 300 ribu pelanggan yang terjaring menggunakan layanan yang tergolong baru di Indonesia ini,” ungkap Direktur Teknologi Informasi dan Suplai Telkom Indra Utoyo di Jakarta, Rabu (3/110 pemula.

Diungkapkannya, komersialisasi IPTV tertunda karena proses pengadaan yang sangat ketat dan detail terutama menyangkut teknologi baru triple screen (TV, PC dan ponsel). Saat ini, Telkom telah fokus pada pengiriman perangkat, penyiapan pusat operasi, pematangan strategi konten serta penghantaran layanan.

Untuk mengedukasi masyarakat, Telkom melakukan demo percobaan IPTV dalam pergelaran pameran komputer Indocomtech 2010 tanggal 3-7 November 2010 di Jakarta Convention Center. Selama periode September-November operator yang berkonsorsium dengan anak usaha yang bergerak dalam layanan TV berbayar PT TelkomVision tersebut adalah masih melakukan percobaan.

“Ini ekosistem baru, dan kami belajar dengan mempersiapkan segala sesuatunya karena tidak hanya memasang perangkat langsung jalan. Harus dipikirkan strategi konten, operasi, kualitas layanan dan dukungannya,” ujarnya.

Diungkapkannya, untuk memicu lahirnya konten yang kreatif Telkom menggelar Indigo Awards agar industri kreatif di Indonesia terus tumbuh.

“Telkom ingin menjadi pendukung pertumbuhan itu karena industri kreatif juga bisa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian,” katanya.

Industri kreatif yang dibidik adalah musik digital karena cukup potensial dan sesuai dengan transformasi perseroan sebagai operator berbasis Telecommunication Information Media Edutainment (TIME).

“Kami tinggal menyiapkan ekosistemnya. Misalnya lewat SpeedyTrek atau layanan Ring Back Tone (RBT),” ujar Indra. Saat ini terdapat tujuh juta pelanggan RBT dari Telkomsel dan Telkom. Selain itu, terdapat sekitar 31 ribu member SpeedyTrek dari Telkom Speedy yang merupakan komunitas-komunitas band indie dan pendengarnya,” jelasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s