211010 Komisaris Utama TRG Investama Sakti Wahyu Trenggono: Membangun Wahana Bagi Industri Kreatif

Nama Teknologi Riset Global (TRG) Investama  menjadi pembicaraan di industri telekomunikasi pekan ini setelah mengumumkan akan menggarap bisnis Cloud Computing melalui merek Indonesian Cloud. Sebelumnya, perusahaan yang dimiliki oleh Sakti Wahyu Trenggono ini dikenal bermain sebagai penyedia menara telekomunikasi  dengan merek Indonesian Tower dan perangkat Broadband Wireless Access  melalui TRG Wimax.

Dana sebesar 10 miliar rupiah telah disiapkan oleh Pria yang akrab dipanggil “TG” ini bagi Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan riset tentang konten-konten spesifik berkaitan dengan cloud computing selama tiga tahun.  Indonesian Cloud sendiri diharapkan melantai di pasar  satu tahun ke depan memperebutkan kue di pasar senilai 2,1 triliun rupiah.

Wartawan Koran Jakarta, Doni Ismanto, mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai penggemar golf ini pada Rabu (20/10). Berikut petikannya:

T: Pendirian Indonesian Cloud menimbulkan rumor TRG Investama tidak lagi serius menggarap bisnis  Wimax dan menara.
J: Rumor itu tidak benar. Kami serius ingin menjadi perusahaan yang bermain di teknologi informasi mulai sebagai penyedia infrastruktur, perangkat, hingga aplikasi. Sebagai penyedia perangkat wimax, TRG baru saja memenangi tender di Telkom untuk Wimax Nomadic. Belum lagi pada Juni 2011, pabrik hasil kerjasama dengan SIIX mulai berperasi yang menelan investasi 30 juta dollar AS untuk pengembangan perangkat Wimax.

T: Apa tujuan Indonesian Cloud dibentuk
J :Industri Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di Indonesia ini semuanya dikuasai oleh asing. Mulai dari perangkat hingga ke tingkat kreatif sekalipun seperti software dan konten. Ini sangat  ironis kondisinya.  Sebenarnya ada peluang besar bagi anak bangsa untuk bermain di TIK yakni untuk software dan konten. Indonesian Cloud ingin menjadi wahana bagi industri kreatif itu untuk masuk ke pasar.  Konsep bisnis yang ditawarkan Cloud Computing ini memungkinkan  semua elemen bisa mencicipi kemajuan perekonomian karena setiap fungsi memiliki nilai.

T: Apa nilai bisnis dari industri Cloud Computing itu besar
J: Besar sekali. Untuk diketahui saja, di perbankan untuk membeli software Silver Lake saja bisa menelan investasi 50 juta dollar AS. Belum lagi aplikasi untuk perpajakan, Single Identity Number (SIN), dan lainnya.  Angka itu besar sekali dan semua dinikmati oleh pemain asing. Padahal, anak bangsa kita mampu membuat semua itu asalkan diberikan kesempatan dan akses ke pasar.

T: Apa kendala terbesar mengembangkan bisnis Cloud Computing
J: Keberpihakan. Baik itu dari pemerintah atau pelaku usaha. Pemerintah harus menunjukkan keberpihakkan melalui regulasi yang dibuat dan memanfatkan Cloud Computing untuk menekan pemborosan nasional. Bayangkan kalau lembaga pemerintah itu menggunakan data center atau aplikasi bersama,itu kan sudah penghematan. .Sedangkan dari pelaku usaha kita minta diberi kesempatan, kalau bisa pola pikir memiliki diubah menjadi menyewa alias dari belanja modal menjadi biaya operasional agar ada penghematan belanja solusi teknologi informasi.

T: Indonesian Cloud baru masuk pasar satu tahun lagi, tidak akan kehilangan momentum
J: Kami ingin masuk ke pasar dengan persiapan yang matang. Kunci kemenangan di bisnis ini adalah di penelitan dan pengembangan yang kuat. Inilah alasan kita menggandeng ITB dan beberapa kampus lagi.

T: Optimiskah bersaing dengan pemain besar seperti Telkom dan Indosat
J; Kami memiliki keunggulan independen sebagai perusahaan cloud computing. Ini unik karena pemain besar yang sudah memiliki bendera. Posisi independen membuat kita bebas untuk bekerjasama dengan semua lapisan. Bidikan utama adalah pasar pemerintah dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Telkom dan Indosat pun akan  digandeng karena secara infrastruktur backbone kedua perusahaan ini kuat. Pasar cloud computing ini baru akan tumbuh,  semua kekuatan harus membangun bersama-sama

Iklan

2 Komentar

  1. wowww ….kerennnnn …hebatt

  2. lanjutkan.. jong java be smart.. insha Allah sll ada kemudahan dari semua jalan..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s