JAKARTA—PT XL Axiata Tbk (XL) kembali merevisi target jumlah pelanggannya tahun ini setelah pencapaian bisa diraih lebih awal dari tenggat waktu.
“Posisi raihan yang didapat hingga September lalu 38,5 juta pelanggan. Itu berarti target yang ditetapkan telah diraih lebih awal. Agar jajaran manajemen tetap bergairah, kami memberikan tantangan dengan menaikkan target menjadi 40 juta pelanggan,” ungkap Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi di Jakarta, Jumat (8/10).
Untuk diketahui, XL pada pertengahan kuartal kedua merevisi target pelanggan 2010 dari 35 juta menjadi 38 atau 39 juta nomor alias naik sekitar 8,5 persen. Adanya revisi kedua ini, berarti kenaikan dari target awal sekitar 14 persen.
Diakuinya, aksi memasang target pelanggan sebesar 40 juta nomor juga merupakan upaya menegaskan ke pasar perseroan berada di nomor dua pada akhir tahun nanti. “Jika ditanya dari sisi laba bersih dan nilai kapitalisasi pasar pada semester I lalu, XL telah nomor dua,” tegasnya.
Berdasarkan catatan, operator nomor dua, Indosat saat ini memiliki 37,8 juta pelanggan. Sementara XL pada semester I lalu mencatat laba bersih semester I 2010 sebesar 1,3 triliun rupiah atau tumbuh 87 persen dibanding periode yang sama di tahun 2009. Sedangkan pendapatan usaha sebesar 8,5 triliun rupiah naik 35 persen dibanding semester I 2009.
Porsi pendapatan terbesar milik XL masih disumbang dari pendapatan suara dan sewa infrastruktur sebesar 66 persen, data sebesar 7 persen, pendapatan dari value added services seperti ring back tone dan SMS premium 5 persen, lalu dari SMS 22 persen.
Sedangkan posisi laba bersih Indosat semester pertama 2010 turun 71,5 persen menjadi hanya 287,1 miliar rupiah dibanding periode sama tahun lalu yang mencapai 1,007 triliun rupiah. Untuk pendapatan usaha konsolidasi Indosat tumbuh sebesar 5,8 persen menjadi 9,661 triliun dari 9,135 triliun rupiah pada tahun sebelumnya pada periode yang sama.[dni]
Tinggalkan komentar
Belum ada komentar.
Tinggalkan Balasan