021010 Distribusi Terganggu, Listrik Bandara Soetta Kembali Bermasalah

JAKARTA–Listrik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kembali bermasalah. Kali ini terjadi pada Jumat (1/10) dimana  listrik padam kembali sejak pukul 10.40 hingga 11.22 WIB.

Gangguan  disebabkan adanya masalah dalam sistem distribusi gardu induk Kosambi pada pukul 10.40 WIB. Padahal, gardu tersebut memasok listrik untuk bandara.

Direktur Utama AP II Tri S Sunoko menegaskan,  AP II dan PLN sudah bekerjasama  menangani masalah tersebut.

“Kami sudah bekerjasama dengan PLN. Mereka akan menanganinya,” ungkapnya di Jakarta,  Jumat (1/10).

Diungkapkannya, sesaat pasokan listrik bermasalah, sistem back up listrik bandara seperti genset maupun UPS bandara sudah berfungsi dengan baik. Cadangan listrik ini langsung mengambil beban sehingga operasional penerbangan, navigasi udara dan fasilitas di bandara lancar.

“Sampai sekarang kami masih mencari tahu penyebab gangguan tersebut,” katanya.

Untuk diketahui, belum lama ini.  AP II dan PLN barusaja meneken head of agreement (HoA) pengelolaan listrik di Bandara Soekarno Hatta.

Adanya kerjasama ini memungkinkan  PLN melakukan pendampingan pengelolaan kelistrikan di Soekarno-Hatta sampai level 3; yaitu sampai jaringan Tegangan Menengah (TM), genset yang terhubung pada JTM dan Main Power Station (MPS), genset serta Uniterupted Power Supply (UPS) untuk daerah prioritas.

Selama proses pendampingan tersebut, PLN akan melakukan beberapa tahapan aktifitas dan pekerjaan. Diantaranya tahapan assesment aset, tahap perbaikan dan penggantian peralatan terkait dengan hasil assesment. Disusul kemudian dengan tahapan assesment dan peningkatan pola operasi yang meliputi pendefinisian prioritas daerah layanan, persyaratan pasokan pada daerah sesuai definisi dan persyaratan sistem operasi secara umum di Soekarno-Hatta.

AP II berharap di masa depan mati atau tidaknya listrik di bandara Soekarno Hatta, operasi penerbangan harus tetap terjamin. Termasuk di dalamnya alat-alat listrik, X-ray, check in control, dan fasilitas penting di bandara harus tetap beroperasi.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s