030910 Telkom Gandeng ALU

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom menggandeng penyedia jaringan Alcatel-Lucent (ALU) untuk  melaksanakan transformasi besar-besaran pada jaringan backbonenya.

“Kami mengeluarkan investasi sebesar 170 miliar rupiah yang diambil dari belanja modal 2010 untuk mengkonvergensi IP dan jaringan-jaringan optic untuk meningkatkan lalu lintas data dan menyederhanakan jaringan,” ungkap VP Public Relation and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia kepada Koran Jakarta, Kamis (2/9).

Berdasarkan catatan, pada tahun ini Telkom memiliki belanja modal sebesar 20,6 triliun rupiah lebih tinggi 6,25 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 19,2 triliun rupiah. Sedangkan pada 2011 direncanakan besarannya sekitar  20,4 triliun rupiah.

Telkom pada semester I 2010 membukukan laba bersih 6,003 triliun rupiah atau  turun 0,7 persen dibanding periode sama sebelumnya 6,043 triliun rupiah. Penurunan tersebut dikarenakan melonjaknya pos beban usaha dari 21,03 triliun rupiah  menjadi 22,88 triliun rupiah  atau naik 9 persen. Sedangkan  pendapatan  hanya naik lima persen dari 32,61 triliun rupiah menjadi  39,87 triliun rupiah.

Executive General Manager Divisi Akses Telkom Muhammad Awaluddin menambahkan, ALU menangani Node Metro Etehernet untuk area Jakarta, Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan.

“Program konvergensi jaringan dilakukan sejal 2007 dan sebagian besar sudah selesai. Selain dengan ALU, vendor lainnya yang diajak bekerjasama adalah Huawei dan Tellabs,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tujuan dilakukannya konvergensi untuk meningkatkan kapasitas backplane metro Ethernet transport Telkom sehingga mampu melewati 200 Gbos.

Fungsi metro ethernet sebagai jaringan transport , penghubung antara infrastruktur layer access sampai ke layer backbone, dan IP core network “Saat ini per node kapasitasnya 10 Gbps. Sekarang ditingkatkan menjadi 40 hingga 200 Gbps,” jelasnya.

Head of Alcatel-Lucent Activity in Indonesia Frederic Chapelard menjelaskan, solusi  Converged Backbone Transformation (CBT) milik ALU dapat mengatasi tantangan-tantangan operasional dan konsumsi energi yang diakibatkan dari peningkatan lalu-lintas, sambil menyederhanakan pengelolaan dari perangkat jaringan yang ada.

“Solusi IP dan optik kami yang terpadu memberikan sebuah arsitektur baru bagi Telkom yang akan secara drastis menurunkan biaya transport yang dapat dipercaya dari lalu-lintas ber-volume tinggi sambil memberikan platform yang kuat untuk memulai dan mendukungan layanan baru yang inovatif,” katanya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s