260610 Tarif Kapal Ferry Segera Naik.

JAKARTA–Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tarif kapal penyeberangan segera naik menjelang Lebaran 2010.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso memastikan  usulan kenaikan tarif  tinggal ditandatangani  oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

“Menjelang September nanti sudah ada penyesuaian tarif baru. Ini  bukan karena aji mumpung untuk mendapatkan keuntungan penyelenggara penyeberangan sebesar-besarnya, namun dikarenakan sudah dua tahun tarif tidak naik,” katanya di Jakarta, Jumat (25/6).

Dijelaskannya, sesuai aturan tarif kapal feri harusnya disesuaikan setiap semester, namun realisasinya hingga saat ini belum juga disesuaikan.  Kemenhub pun menerima usulan pengusaha kapal feri untuk menyesuaikan tarif itu pada tahun ini.

Dalam proses penyesuaian tarif itu, instansinya telah membentuk tim tarif yang terdiri dari perwakilan Kemenhub dan perwakilan pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Angkutan SungaiDanau dan Penyeberangan (Gapasdap).

Tim tarif itu menghitung besaran tarif berdasarkan inflasi dan kemampuan bayar (willingnessto pay) di setiap lintasan penyeberangan.

Besaran tarif di setiap lintasan tak sama, meski mungkin jaraknya sama. Karena inflasi dan kemampuan bayarnya juga berbeda.
Berdasarkan catatan,  penyesuaian tarif kapal feri terakhir kalinya dilakukan awal 2009.

Sementara itu Sekjen Gapasdap Luthfi Syarief menyatakan dukungan atas rencana penyesuaian tarif sebelum Lebaran tersebut.

“Sebenarnyadiharapkan kenaikan terjadi pada bulan Juni ini saat liburan sekolah, sehingga pengusaha bisa mendapatkan margin keuntungan.Namun demikian, bila kenaikannya menjelang Lebaran juga tetap memberi keuntungan bagi para pengusaha penyeberangan,” katanya.

Dijelaskannya, keuntungan itu akan digunakan untuk meremajakan armada kapal.

Tarif yang diusulkan oleh Gapasdap adalah penyesuaian sebesar 65 persen. Namun kemungkinannya tidak naik sekaligus tetapi bertahap,pada kenaikan pertangahan tahun ini bisa sebesar 20 persen dan sisanya dilakukan pada tahun berikutnya.

“Bisa saja tahun ini naiknya 20-30 persen dan kemudian dilanjutkan pada 2011,” katanya.

Operator kapal feri menikmati kenaikan tarif terakhir kalinya pada pertengahan 2008. Namun pada Januari 2009, tarif tersebut justru diturunkan pemerintah sejalan dengan turunnya harga bahan bakarminyak (BBM).

Ketentuan tarif yang kini masih berlaku adalah KM No2 Tahun 2009 tentang Tarif Penyeberangan Lintas Antarprovinsi yangberlaku per 15 Januari 2009. [Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s