210610 Pelni Dapatkan PSO Rp 600 Miliar

JAKARTA— PT Pelayaran Indonesia (Pelni) berhasil mendapatkan dana Public Service Obligation (PSO) sebesar 600 miliar rupiah untuk operasi pelayaran di 92 pelabuhan dan 1.300 ruas pelayaran di seluruh nusantara.

“Kementerian Perhubungan dan  Pelni telah  melakukan kontrak operasi angkutan pelayaran  2010 pada Jumat pekan lalu,” ungkap Direktur Keuangan Pelni, Wibisono di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, dana yang diterima oleh Pelni sama dengan tahun lalu untuk melayani operasi pelayaran di 92 pelabuhan dan 1.300 ruas pelayaran di seluruh nusantara.

“Sebagian besar dana ini digunakan untuk pembiayaan BBM kapal, karena saat ini BBM menjadi komponen biaya yang paling tinggi bagi pelayaran Pelni,” katanya.

Diungkapkannya, PSO ini dilakukan untuk sebanyak 23 unit kapal motor (KM) penumpang yang dioperasikan Pelni. Pemerintah tetap mendanai kapal-kapal
tersebut agar tetap bisa melayari pulau-pulau terdepan di Nusantara.

Tetapi, ada juga  beberapa kapal yang tidak lagi dibiayai dengan dana PSO. Kapal tersebut adalah kapal barang yang telah mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Kapal penumpang yang tidak dibiayai PSO hanya satu yaitu KM Dempo, di mana sebagian kapal juga digunakan untuk membawa barang.

“Tahun ini kita akan melakukan modifikasi pada KM Dobonsolo, sehingga bisa memuat barang lebih banyak lagi,” katanya.

Secara terpisah, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor transportasi harus mengelola dana PSO dengan transparan. “PSO itu jangan dianggap sebagai pendapatan oleh perusahaan. Itu adalah dana untuk memberikan layanan ke masyarakat,” tegasnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s