210610 Garuda Matangkan Rencana Buka Rute Baru ke Eropa

JAKARTA—PT Garuda Indonesia (Persero) mematangkan rencananya untuk menambah rute baru ke Eropa karena harus mewaspadai krisis ekonomi yang  terjadi di  Yunani dan negara Eropa lainnya.

“Krisis ekonomi yang melanda Eropa membuat Garuda harus mematangkan rencana untuk membuka rute baru selain Jakarta-Amsterdam. Kita tidak boleh terburu-buru karena biaya untuk rute internasional itu mahal. Krisis yang terjadi di Eropa pasti menurunkan daya beli dari masyarakat setempat,” ungkap Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, setelah  membuka rute Jakarta-Dubai-Amsterdam pada 1 Juni lalu, perseroan sebenarnya ingin melanjutkan   terbang ke Frankfurt, London, Paris dan Roma. Namun, adanya krisis ekonomi yang melanda benua biru itu membuta Garuda berfikir ulang.

“Garuda sedang melakukan evaluasi pasar secara menyeluruh berdasarkan data dan keterangan staf di Eropa. Sepertinya membuka rute baru ke Eropa belum saatnya tahun ini, tetapi baru dilakukan tahun depan,” katanya.

Namun, Emirsyah optimistis untuk rute yang telah dibuka akan tetap diminati penumpang karena adanya sejarah historis antara Indonesia dan Belanda.

Sementara itu, GM Singapore Airlines untuk Indonesia Nam Lee Seng mengaku tidak khawatir dengan rencana Garuda  terbang ke sejumlah negara Eropa karena telah masing-masing maskapai memiliki pasar tersendiri.

“Singapore Airlines selalu terbuka untuk bersaing dengan maskapai mana pun. Kekuatan kami adalah layanan yang kami berikan serta kenyamanan pesawat yang kami gunakan,” kata Nam.

Diungkapkannya,   maskapainya sudah memiliki penerbangan Singapura-London sebanyak tiga kali sehari. Serta Singapura-Frankfurt dua kali sehari.

Untuk penerbangan itu,  Singapore Airlines menggunakan dua pesawat berbadan lebar Airbus 380 dengan kapasitas 471 tempat duduk untuk penerbangan ke London dengan  tingkat isian (load factor) pesawatnya selalu berada diatas 80 persen.

Singapore Airlines saat ini mengoperasikan 10 unit A380, dan berencana akan menambah 4 unit lagi. Selain digunakan ke London dan Frankfurt, A380 juga digunakan untuk terbang menuju Zurich, dan Paris.

“Armada A380 akan membuat  kami   menjadi pilihan bagi penumpang. Singapore
Airlines juga mempunyai jaringan sangat luas. Itu menjadi kekuatan kami,” ujarnya.

Manager Public Relation Singapore Airlines untuk Indonesia Glory Henriette menyebut rute Eropa lain yang dimiliki maskapainya adalah Amsterdam-Singapura, Paris-Singapura, Zurich-Singapura, Roma-Singapura, dan Barcelona-Singapura.

Ditambahkannya, keunggulan Singapore Airlines lainnya adalah sudah lama masuk kelompok maskapai bintang lima versi SkyTrax bersama Malaysia Airlines, Cathay
Pacific, Asiana Airlines, Kingfisher Airlines, dan Qatar Airways. Sedangkan   Garuda baru masuk kelompok maskapai bintang empat bersama 28 maskapai lainnya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s