140610 Musim Liburan Sekolah Dongkrak Penumpang ASDP

JAKARTA—Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah penumpang angkutan penyeberangan selama musim libur sekolah akan meningkat 9 persen ketimbang hari biasa.

“Pelabuhan-pelabuhan di tujuh jalur penyeberangan telah siap mengangkut penumpang. Rata-rata penambahan penumpang terjadi karena mereka mau liburan menyeberang pulau,” ungkap Direktur Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Wiratno di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, jika pada tahun lalu jumlah penumpang kapal penyeberangan mencapai sekitar 3,5 juta orang, tahun ini diprediksi bakal menjadi 3,8 juta lebih penumpang.

“Rata-rata kenaikannya mencapai 9 persen. Perkiraan ini cukup signifikan mengingat, layanan terhadap penumpang terus ditingkatkan,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini keteriban, kebersihan dan keamanan (K3)baik di pelabuhan maupun di atas kapal sudah terjamin.

Diperkirakannya, dua jalur penyeberangan yaitu Merak(Banten)-Bakauheni (Lampung) dan Ketapang (Jatim)-Gilimanuk (Bali) seperti tahun-tahun sebelumnya bakal menjadi rute terpadat. Paling tidak rute tersebut akan berkontribusi sebesar 65 persen lebih dari arus penyeberangan nasional.

Peningkatan secara signifikan juga diprediksi akan terjadi pada rute Palembang (Sumsel)-Muntok (Babel) dan Padangbai (Bali) – Lembar (NTB).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Bambang Bhakti mengatakan, untuk menyambut liburan pihaknya bakal membuka kembali sistem e-ticketing pada dua jalur teramai, Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

“Pembukaan e-ticketing dilakukan rencananya pada 15 Agustus. Butuh persiapan yang matang, jadi finalnya pertengahan Agustus,” kata Bambang.

Menurutnya, selain liburan, e-ticketing juga dipersiapkan untuk menyambut Lebaran 2010 dimana lonjakan bakal meningkat hingga lebih dari 20 persen.

PT ASDP Indonesia Ferry sendiri menargetkan meraih laba bersih sebesar 108 miliar rupiah pada tahun ini. Angka itu naik dari tahun lalu sebesar 61,5 miliar rupiah.

Sedangkan untuk pendapatan usaha diproyeksikan akan meningkat drastis menjadi 1,1 triliun rupiah atau naik dibanding 2009 yang sebesar 884 miliar rupiah.

Sementara untuk armada, ASDP menargetkan bakal menambah kapal hingga menjadi sebanyak 107 unit, termasuk 53 unit kapal perintis.
BPLP
Pada kesempatan lain, Sekjen Kementerian Perhubungan M. Ikhsan Tatang mengungkapkan, Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur pembentukan Badan Penjaga Laut dan Pantai (BPLP) atau Sea and Cost Guard tinggal menunggu persetujuan dari Presiden.

“Bentuk Sea and Cost Guard belum bisa dipastikan, karena bergantung dari persetujuan Presiden. Mungkin saja ada perubahan,” katanya.

PP tersebut sebelumnya sudah dibahas oleh institusi terkait seperti Kemenhub, Kementerian Hukum dan HAM, Bea dan Cukai, Kepolisian, dan pihak lainnya termasuk perusahaan pelayaran.

“Kami harap secepatnya bisa diterbitkan PP tersebut, sesuai dengan amanat. Undang-undang akan efektif kalau turunannya [PP] sudah siap. Kalau belum, ya UU tidak bisa berjalan,” kata Tatang.

Sebelumnya, Menhub Freddy Numberi mengatakan Sea and Cost Guard nantinya tidak berwenang melakukan penegakan hukum di laut, pantai, dan pelabuhan. Badan baru itu hanya berwenang mengintegrasikan penegakan peraturan keselamatan pelayaran, penanganan pencemaran, dan melaksanakan operasi SAR.

“Di laut sudah terbagi habis kewenangannya. Cost Guard lebih terfokus kepada keselamatan dan penanganan polusi,” kata Menhub.

Adapun selama ini pelaksanaan penegakan hukum di laut ditangani oleh TNI AL, Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Hukum dan HAM.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s