250510 LTE Butuh Kematangan Pasar

JAKARTA—Penerapan teknologi Long Term Evolution (LTE)  memerlukan  kematangan pasar agar inovasi itu benar-benar dibutuhkan  untuk dijalankan di Indonesia.

“Masyarakat harus benar-benar sadar bahwa broadband itu dibutuhkan. Jika dipaksakan LTE hadir tahun depan atau sekarang, itu hanya menjadi hiasan,” ungkap  Head Customer Marketing & Communication Regional Marketing Asia Pacific Nokia Siemens Network (NSN) Harith Menon di Jakarta, Senin (24/5).

Menurutnya, langkah yang tepat untuk mematangkan pasar adalah membuat perangkat yang mendukung broadband semakin masif dengan harga terjangkau dan operator melakukan evolusi jaringan dari 3G ke High Speed Access plus (HSPA+). “Sekarang saja jaringan 3G belum dinikmati oleh semua lapisan. Kalau begini bagaimana mau bicara LTE,” katanya.

Diungkapkannya, NSN sebagai salah satu penyedia jaringan sedang menunggu langkah dari pemerintah terkait hadirnya LTE baik itu berupa standar frekuensi yang digunakan atau ketentuan kandungan lokal. “Laboratorium kami selalu berinovasi, sekarang tinggal menyesuaikan dengan keinginan dari regulator dan operator,’ katanya.

Berkaitan dengan mulai tertekannya pasar NSN untuk perangkat di Indonesia, Harith menegaskan, pergantian infrastruktur (Swap) yang dilakukan oleh operator merupakan haknya. “Swap yang dilakukan itu tidak berdampak besar ke bisnis NSN di Indonesia. Kami adalah perusahaan yang bermain di inovasi dana kan menjalankan bisnis jangka panjang di Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, tersiar kabar Telkomsel dan Hutchison CP Telecom (HCPT) melakukan swap terhadap perangkat NSN ke Huawei. Tidak hanya itu, HCPT juga menyerahkan managed service jaringannya ke Huawei setelah selama ini dijalankan oleh NSN. Sedangkan Telkomsel melakukan Swap perangkat NSN ke Huawei untuk area Jawa dan menyusul wilayah lainny tak lama lagi.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s