200510 Venusiana Papasi : Saya Akan Agresif

Kala nama wanita ini muncul sebagai pengganti Irwin Sakti menduduki posisi nomor satu alias Vice President (VP) di Telkomsel Area II, banyak pihak terkaget-kaget.

Bagaimana tidak, wanita ini  menghabiskan  karirnya di Telkomsel lebih banyak membangun   jaringan ketimbang di dunia pemasaran. Keberhasilan Telkomsel menghadirkan jaringan hingga Ibu Kota Kecamatan (IKK) beberapa tahun lalu tak bisa dilepaskan dari tangan dingin wanita ini.

Untuk diketahui,  Area II (Jabotabek-Jabar) selama ini dikenal sebagai etalase persaingan dari operator seluler. Pertanyaan yang muncul, apakah wanita yang akrab dipanggil Venus ini akan sukses mengembangkan penjualan dan layanan, layaknya keberhasilannya membangun jaringan hingga ke pelosok Papua?

Wartawan Koran Jakarta, Doni Ismanto, berkesempatan mewawancarai wanita yang suka berpotongan rambut pendek itu pekan ini. Berikut kutipannya.

T: Anda selama ini dikenal sebagai orang jaringan, apakah yakin memimpin Area II

J: Pertanyaan ini banyak muncul, tetapi apa tidak boleh orang jaringan bermain di commerce? Pendahulu saya juga bukan orang commerce dan berhasil. Kalau dia berhasil, kenapa saya tidak. Selain itu, saya yang membangun jaringan  di area II ini.  Jadi, saya tahu area mana yang masih bisa ditingkatkan penjualan atau dinaikkan kualitasnya.

T: Apa yang akan Anda tawarkan di Area II

J: Saya akan agresif mengembangkan layanan data. Telkomsel memiliki bandwitdh data paling besar. Ini akan dioptimalkan. Terutama untuk area outer, selain itu kita juga ingin masuk ke residensial dan komunitas untuk akses data. Target saya akan terjadi pertumbuhan 100 persen untuk akses data dari 500 ribu menjadi 1 juta pengguna. Sedangkan untuk pelanggan seluruhnya kita harapkan ada tambahan 4,6 juta pelanggan hingga akhir tahun menjadi 24,7 juta pengguna di area II.

T: Strategi yang digunakan

J: Telkomsel memiliki produk yang kompetitif  didukung saluran distribusi yang kuat sehingga tersedia dimana-mana. Belum lagi infrastruktur  dengan jumlah BTS 2G dan 3G di Jabodetabek sebanyak 7.700 unit dan di Jawa Barat 550 unit. Belum lagi 80 persen dari 1.900 gedung di Jakarta telah terpasang repeater. Sampai akhir tahun akan ditambah menjadi  2.800 unit BTS di Jabodetabek dan 550 unit BTS di Jawa Barat. Sekarang tinggal strategi pemasaran untuk mengkomunikasikannya. Selanjutnya, mari bertempur secara sehat.

T: Kenyamanan akses data apa bisa dijamin, mengingat  banyak banting harga yang berujung menurunnya kualitas layanan.

J: Di Jakarta semua Node B (BTS 3G) sudah siap untuk High Speed Packet Acces (HSPA+). Kami tinggal meningkatkan kemampuan jaringan seandainya satu area memiliki  trafik tinggi, ditingkatkan menjadi HSPA+. Masalah tarif yang dibanting, itu harus dimengerti oleh pelanggan bahwa penawarannya memiliki persyaratan. Satu hal yang harus diingat, pelanggan butuh akses dengan harga terjangkau, dan Telkomsel menawarkan itu. Percayalah, jika pelanggan bertambah, kuncinya adalah manajemen frekuensi. Saat ini kami terus meningkatkan kualitas layanan agar penawaran pemasaran diimbangi oleh kualitas.

T: Banyak kalangan menduga kinerja Telkomsel di kuartal II ini khususnya di area II mengalami penurunan sejak hadirnya kartu perdana simPATI 5 ribu dan AS 2 ribu

J: Itu tidak benar. Kami memiliki pertumbuhan yang bagus pada kuartal dua ini. Lihat saja nanti. Bulan April saja pertumbuhan pelanggan dan pendapatan sesuai target. Harus diingat, kami memiliki produk untuk semua segmen, sesuai dengan kondisi pasar. Dan itu tercermin dari   strategi harga yang ditawarkan.

J:Bagaimana dengan ujicoba Long Term Evolution (LTE)

T: Jakarta akan menjadi tempat ujicoba LTE tak lama lagi. Soalnya jumlah pelanggan data paling banyak di area ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s