180510 Sektor Telekomunikasi Tumbuh 5%

JAKARTA—Pertumbuhan sektor telekomunikasi dari sisi omzet pada kuartal kedua 2010 diprediksi di bawah  5 persen jika dibandingkan dengan kuartal I 2010.

“Jika dibandingkan per kuartal pertumbuhan terjadi sebesar itu. Soalnya perang makin ketat mulai Maret lalu dengan aktifnya operator besar melawan inovasi pemasaran penantang,” ungkap Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi kepada Koran Jakarta, Senin (17/5).

Sedangkan untuk pertumbuhan industri  secara tahunan,  Hasnul memperkirakan, terjadi pertumbuhan sebesar 10 hingga 15 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. “Industri sudah mendapatkan keseimbangan mulai tahun lalu. Tahun ini bisa stabil pertumbuhannya,” jelasnya.

Sementara itu,  Chief Operations Officer Fujitsu Indonesia  Achmad S. Sofwan mengungkapkan, belanja sector telekomunikasi untuk produk Teknologi Informasi (TI) pada tahun ini cenderung stagnan karena belanja modal yang dikeluarkan tidak berbeda jauh dengan tahun lalu.

“Beberapa operator ada yang mengalami penurunan belanja modalnya. Hanya Telkom yang stabil. Ini menunjukkan operator belum mau agresif ekspansi di barang-barang TI. Mungkin ingin mengembalikan dulu investasi kala krisis dua tahun lalu,” jelasnya.

Sebelumnya, laman Cellular-News memprediksi krisis ekonomi global hanya memiliki dampak kecil bagi pertumbuhan pasar telekomunikasi nirkabel di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Diperkirakan pertumbuhan pelanggan di Indonesia akan mencapai 31 persen dibandingkan 2009. Sedangkan pendapatan akan tumbuh sebesar 11 persen alias lima kali lebih tinggi dari raihan global.  Potongan harga dan sistem tarif per detik menjadi pemicu pertumbuhan layanan nirkabel.

Cellular-News juga mengumumkan, Telkomsel berhasil menjadi kontributor terbesar bagi pendapatan sebelum pajak dari salah satu raksasa Asia Tenggara, Singapore Telecommunications (SingTel) pada tahun lalu dimana terjadi pertumbuhan sebesar 12 persen atau 546 juta dollar Singapura dibandingkan periode sama 2008.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s