180510 Persaingan FWA Semakin Ketat

JAKARTA—Persaingan operator  Fixed Wireless Access (FWA) memperebutkan pelanggan pada semester kedua nanti diyakini makin keras seiring Bakrie Telecom  akan mengomersialkan layanan broadband melalui anak usaha Bakrie Connectivity.

“Pertarungan di FWA hanya milik Bakrie Telecom melalui Esia dan Telkom dengan Flexi. Kedua operator ini sangat getol berinovasi dan ekspansi,” ungkap Pengamat Telematika Bayu Samudiyo kepada Koran Jakarta, Senin (17/5).

Menurutnya, langkah esia yang ikut menggarap layanan akses internet seperti ingin keluar dari paradigma selama ini dimana FWA identik dengan jasa untuk suara dan SMS. “Esia ingin mengoptimalkan kanal di luar Jabodetabek dan Jawa Barat. Biasanya pasar akan terganggu dengan strategi disruptive ala esia,” jelasnya.

Sementara, Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G Wiryanata menegaskan, Flexi tetap tidak bisa digoyang sebagai pemimpin pasar FWA dengan menguasai hamper 60 persen pangsa pasar dengan melayani 320 kota melalui 5.500 BTS.

“Hingga Kuartal I 2010, jumlah pelanggan Flexi secara nasional telah berjumlah 15,9 juta nomor. Sekarang kami muncul dengan tagline  baru yakni  ‘Flexi, Lebih Irit, kan’, tidak lagi ‘Bukan Telepon Biasa’. Jargon baru ini diharapkan mempertegas posisi Flexi sebagai yang terdepan dengan harga terjangkau dibanding kompetitor,” katanya.

Deputy Executive General Manager Commerce Telkom Flexi Iskriono Windiarjanto menambahkan,  untuk mempertegas tagline baru itu  diluncurkan  program Flexi Irit Mingguan lima ribu rupiah. “Program ini memungkinkan pelanggan Flexi mendapatkan top up pulsa dengan nilai 100 kali lipat sebesar  500 ribu rupiah  untuk melakukan panggilan ke sesama Flexi di seluruh Indonesia,” katanya.

Dijelaskannya, untuk mengikuti program terbaru itu pelanggan cukup SMS dengan format syntax 5000 kirim ke 123. Selanjutnya, pelanggan akan mendapatkan SMS balasan sebagai konfirmasi pengisian pulsa. Apabila berhasil, pelanggan akan menerima SMS notifikasi dan dikenakan biaya sebesar  5 ribu rupiah   per minggu (termasuk PPN 10%).

Masih menurutnya, selain paket Bicara Irit Mingguan Rp 5.000,- Flexi juga memiliki paket-paket irit mingguan lainnya. Diantaranya paket Facebook dan Twitter masing-masing seribu rupiah   per minggu, paket Online (Flexi Messenger, YM dan GTalk) Rp 2.000,- per minggu serta paket Internet Unlimited  15 ribu rupiah   per minggu.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s