180510 Kualitas Layanan Masih Terjaga

JAKARTA—Operator telekomunikasi dinilai masih bisa menjaga kualitas layanan yang diberikan ke pelanggan walau penawaran gratis  SMS banyak ditawarkan.

“Jika melihat fenomena masih ditawarkannya SMS gratis, berarti belum ada masalah dengan kualitas layanan. Apalagi operator lebih bisa mengukur kondisi jaringan dan  pelanggan mulai belajar memilih layanan telekomunikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan perilakunya dalam bertelekomunikasi,” ungkap Sekjen Mastel  Mas Wigrantoro Roes Setiyadi di Jakarta, Senin (17/5).

Menurutnya, fenomena penawaran gratis yang ditawarkan operator tak sepenuhnya benar karena sebagai  spesies yang mencari untung sebanyak-banyaknya, tentu tidak ada makan siang gratis. “Jika ada kalimat “Gratis” yang ditawarkan operator, sebetulnya hanyalah potongan harga atau diskon. Hal ini karena untuk mendapatkan gratis  pelanggan mesti memenuhi syarat tertentu dan membeli dalam jumlah tertentu,” jelasnya.

Diungkapkannya, munculnya penawaran gratis ala operator tak bisa dinafikan pada masuknya industri pada fase persaingan setelah era membuka askes selesai dilakukan. “Fase ini membutuhkan inovasi pemasaran. Sekarang ada mesin pintar yang  dimanfaatkan untuk identifikasi peluang pada ceruk pasar yang perlu digarap secara intensif. Mesin ini   membantu operator memahami kebutuhan pelanggannya dengan membedakan segmentasi, kebutuhan, perilaku dan letak geografis pelanggan,” katanya.

Implementasi dari masukan mesin pintar itu adalah terjadi kebijakan pembedaan harga (price discrimination) untuk jenis layanan yang sama dan kelompok pengguna yang berbeda. Price discrimination dimaksudkan agar pengguna jasa membeli harga produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Mas Wig menyarankan, menghadapi fase persaingan ini regulator tak perlu reaktif dengan membuat aturan yang bisa menghentikan kompetisi. “Wacana mengubah basis tagihan SMS dari Sender Keep All ke biaya itu menunjukkan regulator panic. Buktinya tidak ada operator atau pelanggan yang dirugikan dengan penawaran SMS gratis. Kalau sudah begiu, biarkan seleksi alam yang menentukan nasib penawaran gratis itu,” katanya.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s