060510 Telkom Tak Gentar Aksi BTEL

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengaku tak gentar sama sekali dengan aksi Bakrie Telecom (BTEL) yang tengah menyiapkan layanan broadband melalui teknologi Evolution Data Optimized (EV-DO).

“Pertanyaanya jangan diputar balik dong. Siapa yang pertama bermain akses data. Kenapa Telkom harus takut dengan langkah BTEL. Harusnya sebaliknya. Flexi semakin mantap di pasar,” tegas Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah kepada Koran Jakarta, belum lama ini.

Executive General Telkom Flexi Triana Mulyatsa menambahkan, sebagai sesama pemain Fixed Wireless Access (FWA) yang didukung oleh teknologi CDMA, tentunya bisa diprediksi langkah yang dilakukan BTEL. “Jumlah kanal yang dimiliki sama. Kita juga punya strategi sendiri menghadapi aksi kompetitor,” katanya.

Salah satu strategi yang dilakukan adalah berkonsentrasi menggarap segmen komunitas melalui tayanan pembicaraan bersama (Conference call) yang dikenal dengan nama  Flexi ngROOMpi. Layanan ini sejak diperkenalkan tiga bulan lalu  berhasil menarik tujuh ribu pengguna dengan 17 ribu panggilan.

“Layanan ini mampu membuat komunitas baru dalam jejaring sosial. Jika sebelumnya marak jejaring sosial dalam bentuk teks di instant messaging, sekarang dengan Flexi ngROOMpi muncul fenomena jejaring sosial dengan suara,” ungkapnya.

Flexi ngROOMpi adalah   penawaran percakapan telepon dengan tarif  49 rupiah per menit (berlaku setiap saat dan tidak ada perbedaan tarif untuk seluruh zona waktu, lokal maupun SLJJ) dimana tidak terjadi panggilan putus.

Layanan ini menyediakan 999 room dalam bentuk open room.  Selain room yang bersifat open room, juga tersedia privat room yang bisa diakses melalui *55*0, setelah itu muncul sms notifikasi yang berisikan nomor ruang dan PIN.

Dijelaskannya, hingga saat ini ruang percakapan lebih dari 20 room yang selalu terisi oleh pelanggan. Pelanggan yang mendominasi layanan ini berasal dari Kalimantan, Jakarta, dan Jawa Timur. “Kami ingin meningkatkan penggunaan layanan ini dengan memberikan stimulus program Miss ngROOMpi yang menawarkan hadiah lima juta untuk lima nomor pelanggan,” katanya.

Program Miss ngROOMpi diefektifkan sejak 1 Mei 2010 dimana pelanggan diminta untuk menebak keberadaan sosok Miss ngROOMPi.

BTEL sendiri diketahui tengah menyiapkan unit usaha broadband dan akan diluncurkan menjelang tutup semester pertama 2010. Unit ini akan mengoptimalkan kanal yang dimiliki oleh BTEL di luar Jabotabek dan Jawa Barat untuk meningkatkan pendapatan dari layanan data.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s