090410 Lion Air Buka Rute Baru

JAKARTA—Maskapai swasta, Lion Air mulai mengoperasikan  rute baru Jakarta-Tarakan p.p dan rute Jakarta-Palangkaraya p.p. menggunakan pesawat Boeing 737-900 ER berkapasitas  213 penumpang.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengungkapkan, rute baru tersebut  diterbangkan sekali sehari (daily) mulai 5 April 2010 yang transit di Balikpapan.  Sedangkan rute Jakarta-Palangkaraya p.p dioperasikan sekali sehari (daily)  mulai 7 April 2010.

“Pengembangan operasi ini  dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di pulau terbesar di Indonesia  dan meningkatkan pelayanan khususnya kenyamanan penerbangan, mengembangkan pangsa pasar (market share) serta meningkarkan pendapatan (revenue),” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (7/4).

Menurutnya,  adanya penerbangan ke Tarakan dan Palangkaraya maka mempermudah penumpang untuk terbang ke kota lainnya (rute domestic) yang dilayani  Lion Air.

Disamping itu mempermudah penumpang yang akan melakukan ibadah Umroh karena dapat dilayani oleh Lion Air dengan terbang langsung dari Tarakan dan Palangkaraya melalui Cengkareng ke Jeddah menggunakan pesawat Boeing 747-400. Mengingat di kedua kota tersebut cukup potensial market penumpang Umroh ke Jeddah.

Diprediksikannya,  load factor (tingkat isian penumpang pesawat) akan mencapai 90 persen dengan  target penumpangnya dari semua kalangan (segmen). Pengembangan operasi penerbangan di kedua kota tujuan tersebut akan dilakukan dengan penambahan frekuensi penerbangan dan juga menambah rute baru lainnya.

Lion Air saat ini mengoperasikan 51 armada yang terdiri dari 2 pesawat Boeing 747-400, 34  pesawat Boeing 737-900ER, 9 pesawat Boeing 737-400,  2 pesawat Boeing 737-300, 4 pesawat MD-90.

Lion Air sudah mengoperasikan 32 pesawat dari 178 pesawat Boeing 737-900ER yang sudah dipesan dari pabrik Boeing di Seattle Amerika dan direncanakan sampai pertengahan tahun 2010 akan diterima lagi 6 pesawat baru Boeing 737-900ER.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s