250310 BRTI Diminta Tegas

JAKARTA—Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) diminta untuk menunjukkan ketegasan dalam menyikapi cara bersaing yang dilakukan para operator guna mencegah praktik persaingan tidak sehat.

“BRTI sepertinya membiarkan kompetisi berjalan secara ugal-ugalan. Lembaga yang memiliki fungsi sebagai pengawas dan pembina industri ini tidak menjalankan tugasnya terutama menyikapi penawaran SMS gratis lintas operator,” tegas Direktur Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala kepada Koran Jakarta, Rabu (24/3).

Menurutnya, penawaran SMS gratis masih berjalan walau sudah ada kesepakatan antara regulator dengan para pemain, memperlihatkan BRTI tidak dipandang oleh pelaku usaha. “Ini karena BRTI tidak berani memberikan peringatan tegas. Selama ini hanya berkoar-koar di media massa. Mana surat peringatan yang dijanjikan bagi operator yang melanggar. Semua hanya isapan jempol,” ketusnya.

Kamilov menyesalkan, aksi BRTI yang justru menawarkan perubahan penagihan SMS dari berbasis Sender Keep All (SKA) ke interkoneksi dimana hanya menguntungkan pemain besar.

“Penawaran dari BRTI itu justru menghembuskan kabar tak sedap ke lembaga itu. Kenapa untuk permintaan dari pemain besar selalu diamini. Harusnya para anggota komite itu intropeksi diri jika benar sebagai perwakilan masyarakat, bukan wakil operator besar,” tegasnya.

Sementara itu, XL mulai menjawab tantangan dari Telkomsel yang membanting harga kartu perdananya dan memberikan 1.000 SMS gratis bagi pelanggan kartu AS.  XL menjawab melalui    program ’Buka-bukaan Blak-blakan’.

Direktur Consumer Marketing XL, Nicanor V Santiago menjelaskan, program ini disesuaikan dengan kebutuhan, karakteristik serta pola aktifitas menelpon dari para pelanggan yang berada di setiap wilayah di Indonesia.

Program ’Buka-bukaan Blak-blakan’ bisa didapatkan melalui paket kartu perdana dua ribu rupiah  dimana bonus suara, SMS, dan akses data dibedakan untuk setiap wilayah.  Di  Jabodetabek misalnya,   seluruh pelanggan baru yang membeli dan mengaktifkan kartu perdana XL Prabayar mendapatkan Gratis 100 menit bicara (ke sesama operator), 100 SMS ke semua operator serta 1 MB data

Sedangkan elanggan dengan nomor  wilayah sumatera: pelanggan baru yang membeli dan mengaktifkan kartu perdana XL Prabayar mendapatkan gratis 100 SMS ke semua operator setelah mengirimkan 1 SMS serta mendapatkan 1 MB data setelah pemakaian kartu senilai seribu rupiah.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s